Deskripsi Budaya Organisasi



LEMBAR KERJA (LK) : 01 (SATU)
DESKIPSI BUDAYA ORGANISASI



Dosen Pengampu
 ( Drs. Ec. H. BUDSIYONO PRISTYADI, MM )
Oleh :



 

ABU THOLIB
NIM : 12 311 099 KELAS : VI/Pagi



PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKUTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
TAHUN AKADEMIK 2014-2015





Deskripsi Budaya Organisasi
Dinamika dunia usaha saat ini menurut efektivitas, produktivitas, dan efisiensi para pelakunya, mulai dari karyawan level terendah sampai pada manajemen tertinggi, sehingga semua unsur dalam perusahaan tersebut dapat berjalan seirama mencapai tujuan yang diharapkan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pengetahuan dan pemahaman akan budaya organisasi menjadi krusial. Sebab, penguasaan dan pengimplementasian budaya organisasi yang efektif dan efisien akan berimbas langsung kepada produktivitas, efektivitas, dan efisiensi perusahaan.
       Budaya organisasi yang sangat relevan terhadap tumbuh kembangnya suatu organisasi dimasa depan. Saat ini suatu organisasi berusaha meningkatkan kafasitas dan kualitas manajemen organisasinya agar tetap eksis kedepannya. Saat ini banyak organisasi yang pasang surut keberadaannya dikarenakan manajemen organisasi yang tidak baik atau tidak sesuai dengan nilai-nilai tujuan organisasi.
       Organisasi yang telah mempunyai norma yang kuat, akan mempengaruhi setiap tindakan yang dilakukan setiap pegawai san akan menjadi kesadaran setiap anggotanya tentang apa yang harus diperbuat setiap waktu, ketika mereka berada di bidang kerjanya, oleh karena itu sangat diperlukan budaya organisasi.
       Budaya organisasi ini merupakan salah satu peluang untuk membangun Sumber Daya Manusia melalui aspek perubahan sikap dan perilaku yang diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan tantangan yang sedang berjalan dan yang akan datang.
       Budaya Organisasi merupakan suatu kekuatan sosial yang tidak tampak, yang dapat menggerakan orang-orang dalam suatu organisasi untuk melakukan aktifitas kerja. Secara tidak sadar tiap-tiap orang di dalam suatu organisasi mempelajari budaya yang berlaku di dalam organisasinya. Apalagi bila ia sebagai orang baru supaya dapat diterima oleh lingkungan tempat bekerja, ia berusaha mempelajari apa yang dilarang dan apa yang diwajibkan, apa yang baik dan apa yang buruk, apa yang benar dan apa yang salah, dan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan di dalam organisasi tempat bekerja itu. Jadi, budaya organisasi mensosialisasikan dan menginternalisasi pada para anggota organisasi.
       Budaya organisasi yang kuat mendukung tujuan-tujuan perusahaan, sebaliknya yang lemah atau negatif menghambat atau bertentangan dengan tujuan-tujuan perusahaan. Dalam suaty perusahaan yang budaya organisasi yang kuat, nilai-nilai bersama dipahami secara mendalam, dianut, dan diperjuangkan oleh sebgaian besar para anggota organisasi (karyawan perusahaan). Budaya yang kuat dan positif sangat berpengaruh terhadap perilaku dan efektivitas kinerja perusahaan.
       Budaya organisasi dijadikan alat strategis dalam menghadapi perubahan dan diharapkan sebagai salah satu pilar competitive advantage bagi organisasi, yang kemudian akan mengantarkan organisasi memiliki sumber daya manusia yang mumpuni.
       Dalam konteks budaya organisasi sebagai alat manajemen inilah, budaya organisasi dapat dianggap sebagai bagian sari strrategi organisasi dalam meraih tujuan. Budaya organisasi telah hadir sebagai bagian dari sinergi yang menghasilkan perkembangan dan kemajuan organisasi. Budaya organisasi berkaitan erat dengan komponen organisasi lainnya, seperti struktur dan strategi organisasi. Artinya, untuk memperoleh hasil sinergi yang optimal bagi perkembangan organisasi harus ada keselarasan antara strategi (bagaimana organisasi mencapai tujuan), struktur (bagaimana bentuk organisasi dapat mendukung pencapaian tujuan0, dan kultur (bagaimana tindakan yang benar untuk mencapai tujuan).
       Jadi, buaya organisasi yang bener-bener dikelola sebagai alat manajemen akan berpengaruh dan menjadi pendorong bagi karyawan untuk berprilaku positif, dedikatif, dan produktif. Nilai-nilai budaya itu tidak tampak,ntetapi merupakan kekuatan yang mendorong perilaku untuk menghasilkan efektivitas kinerja.

Rincian Deskripsi Mata Kuliah Budaya Organisasi sebagai berikut :
1.      BUDAYA ORGANISASI meliputi :
a.       Pengertian Budaya Organisasi
b.      Konsep Budaya Organisasi    
c.       Fungsi Budaya Organisasi     
d.      Perbedaan Dimensi Nilai dalam
e.       Budaya Organisasi
f.       Nilai-nilai Budaya Perusahaan
2.      STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI BUDAYA ORGANISASI meliputi :
  1. Pentingnya memahami Budaya Organisasi
  2. Manfaat Budaya Organisasi
  3. Kecocokan Individu dan Budaya Organisasi
  4. Sosialisasi Budaya Organisasi            
  5. Tujuan Sosialisasi       
  6. Manfaat          
  7. Proses Sosialisasi Budaya Organisasi
  8. Peran Pemimpin dalam mensosialisasikan Budaya Organisasi
3.      KOMUNIKASI DALAM BUDAYA KERJA meliputi :
  1. Komunikasi    
  2. Fungsi-fungsi komunikasi      
  3. Dimensi Komunikasi
  4. Komunikasi dalam Organisasi
4.      BUDAYA PEMBERDAYAAN meliputi :
  1. Menciptakan Lingkungan Pemberdayaan      
  2. Model Pemberdayaan Sumber Daya Manusia
  3. Pemberdayaan sebagai Perubahan Budaya
  4. Peran Intervensi Antarpersonal dalam Pemberdayaan          
5.      STANDAR SISTEM KUALITAS meliputi :
  1. Konsep Sistem Kualitas
  2. Peranan Standardisasi dalam Manajemen Kualitas
  3. Standar Internasional tentang Sistem Kualitas
  4. ISO 14000     
6.      BUDAYA KUALITAS meliputi :
  1. Pemahaman Budaya Kualitas
  2. Mekanisme Perubahan Budaya
  3. Penerapan TQM
7.      INOVASI DAN KREATIVITAS meliputi :
  1. Pengertian Inovasi
  2. Jenis Inovasi
  3. Kreativitas
  4. Kreativitas dalam Organisasi Belajar
  5. Meningkatkan Kreativitas
  6. Model Pengukuran Kreativitas          
8.      EFEKTIVITAS ORGANISASI meliputi :
  1. Pengertian Efektivitas
  2. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Efektivitas
  3. Efektivitas Organisasi
  4. Faktor-faktor yang Memengaruhi Efektivitas Organisasi
  5. Indikator Efektivitas Organisasi
  6. Model-model Efektivitas Organisasi
  7. Hubungan Budaya Organisasi Terhadap Efektivitas
  8. Hubungan Antara Budaya Organisasi dan Efektivitas Perusahaan
9.      KINERJA meliputi :
  1. Pengertian Kinerja
  2. Faktor-faktor yang Memengaruhi Kinerja Karyawan
  3. Penilaian Kinerja
  4. Upaya Peningkatan Kinerja
  5. Meningkatakan Kinerja melalui Pengembangan Budaya Organisasi
  6. Pengaruh Kinerja Terhadap Efektivitas Organisasi
10.  RASA PERCAYA DIRI meliputi :
  1. Rasa Percaya Diri Seorang Pemimpin
  2. Mendorong Adanya Rasa Percaya Diri dalam Organisasi
  3. Hubungan Rasa Saling Percaya Diri
11.  PRODUKTIVITAS meliputi :
  1. Pengertian Produktivitas
  2. Faktor-faktor yang Memengaruhi Produktivitas Kerja
  3. Indikator Produktivitas
  4. Pembentukan Perilaku Produktif
  5. Proses Terbentuknya  Perilaku produktif
  6. Konsep Memperbaiki Produktivitas Kerja
  7. Efisiensi
12.  PERAN MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI meliputi :
  1. Menambah Investasi dalam SDM
  2. Sarana Motivasi yang Baru
  3. Penghargaan Kembali Kapital Manusia         
13.  PENGELOLAAN PERUBAHAN meliputi :
  1. Pengertian Perubahan
  2. Sumber-sumber Perubahan
  3. Jenis Perubahan
  4. Sikap dalam menghadapi Perubahan
  5. Ciri-ciri Sikap Menghadapi Perubahan
  6. Kendala dan hambatan dalam Melakukan Perubahan
  7. Tindakan Mengatasi Penolakan Perubahan pads Individu
  8. Mempersiapkan individu untuk Menghadapi Perubahan
  9. Aneka Macam Kekuatan yg Membantu dan Menghalangi perubahan
  10. Tipologi Perubahan
  11. Memimpin Perubahan
  12. Peran dan Tanggung Jawab Perubahan         
14.  PERANAN KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DALAM MEMIMPIN PERUBAHAN ORGANISASI meliputi :
  1. Pengertian Kecerdasan
  2. Peranan Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual dalam Kompetensi Memimpin Perubahan Organisasi
  3. Meningkatkan Etos Kerja      
15.  KOMITMEN ORGANISASI meliputi :
  1. Pengertian Komitmen Organisasi
  2. Organisasi sebagai Kelompok Kecil
  3. Teori-teori Dasar Komitmen
  4. Membangun Komitmen Organisasi
  5. Pendekatan Relationship Marketing dalam Membangun Komitmen Organisasi
  6. Ruang Lingkup Relationship Marketing
  7. Membangun Komitmen melalui Relationship Marketing      
16.  KUALITAS KEKARYAAN meliputi :
  1. Kualitas Kekaryaan
  2. Peran Manusia Karya

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Jabatan

Laporan Observasi PT Ramayana Lestari Sentosa,Tbk (RB16) Gresik

Makalah Perkembangan Pemikiran Mengenai Kualitas