Laporan Observasi PT Ramayana Lestari Sentosa,Tbk (RB16) Gresik

LAPORAN OBSERVASI
PT RAMAYANA LESTARI SENTOSA,Tbk (RB.16) GRESIK




Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis
Dosen Pembimbing :
M. Agung Surianto. SE. M. Si

Dibuat oleh:

Abu Tholib ( 12 311 099)



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
2014



KATA PENGANTAR




Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-NYA, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Kuminikasi Bisnis dengan judul Laporan Observasi PT Ramayana Lestari Sentosa,Tbk (RB16) Gresik
Selanjutnya pada kesempatan ini perkenankanlah kami menyampaikan terimakasih kepada :
  1. M. Agung Surianto. SE. M. Si yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada kami sehingga terwujudnya makalah ini.
  2. Semua pihak yang tidak sempat kami sebutkan satu per satu yang turut membantu kelancaran dalam penyusunan makalah ini.
Saya sadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Akhirnya dengan iringan do’a yang tulus ikhlas semoga laporan ini dapat bermanfa’at bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.


Penulis, 26 Maret 2014


Abu Tholib





BAB I

PENDAHULUAN



  1. Latar belakang

Dalam era yang serba modern seperti saat ini, tingkat persaingan bisnis yang tinggi membuat perusahaan berlomba-lomba untuk mempertahankan, memenangkan persaingan pasar serta memperluas keeksistensiannya. Industri sejenis akan selalu berusaha memperebutkan pasar yang sama. Imbas dari persaingan itu tentunya sangat jelas dimana konsumen kemudian menjadi semakin kritis memilih yang terbaik bagi mereka. Maka dari itu pemasaran perlu mengetahui dan mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen, serta karakter yang dimiliki konsumen.
Salah satu bidang usaha yang berkembang pesat saat ini adalah retail. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya usaha retail di Indonesia karena banyaknya permintaan masyarakat dan gaya hidup masyarakat yang semakin modern, yakni lebih menyenangi suasana kenyamanan berbelanja, kemudahan dalam menemukan produk, kepraktisan dengan harga terjangkau. Department Store merupakan suatu sarana berbelanja retail yang menawarkan berbagai jenis produk berbagai supplier untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

  1. Rumusan masalah

Berdasarkan uraian dari latar belakang diatas,maka secara umum rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana Profil PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik ?
  2. Bagaimana Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik ?
  3. Bagaimana Program Kerja Tahun 2014 PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik ?
  4. Bagaimana Analisi SWOT PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik ?
     
  1. Tujuan Penulisan

Tujuan dalam pembahasan makalah ini, yang berjudul “Laporan hasil observasi Bank Syariah Mandiri” berdasarkan rumusan masalah di atas antara lain
  1. Mengetahui Profil PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
  2. Mengetahui Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik..
  3. Mengetahui Program Kerja Tahun 2014 PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
  4. Mengetahui Analisi SWOT PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
  1. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari penelitian ini terdiri atas menfaat teoritis dan manfaat praktis sebagai berikut :
  1. Manfaat Teoritis dari penelitian ini yaitu:
  1. Menilai penerapan promisi yang dilakukan PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
  2. Membuktikan kesesuaian antara teori-teori yang ada dengan praktik dilapangan.
  3. Sebagai pengembangan ilmu khususnya komunikasi bisnis yang berhubungan dengan staregi pemasaran.
  1. Manfaat Praktis dari penelitian ini yaitu:
  1. Memberikan informasi bagi PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
  2. Menjadi bahan acuan dan referensi bagi peneliti selanjutnya yang meneliti obyek penelitian yang sama dengan peneliti ini.



BAB II

KAJIAN PUSTAKA



  1. Pengertian Retail

Pada dasarnya retail merupakan suatu bisnis usaha yang berkecimpung dalam bidang penjualan produk secara eceran.  
Menurut Buchari Alma (2009:54):
Perdagangan eceran adalah suatu kegiatan menjual barang dan jasa kepada konsumen akhir. Sedangkan menurut Asep ST. Sujana (2005:5) menyatakan bahwa:
Secara harfiah kata ritel atau retail berarti eceran atau perdagangan eceran, dan peritel / retailer diartikan sebagai pengecer atau pengusaha perdagangan eceran. Menurut kamus, retail ditafsirkan sebagai “selling of goods nd or services to the publics”; atau penjualan barang dan atau jasa kepada khalayak. Dari penjelasan diatas, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Retail merupakan usaha yang meliputi aktivitas bisnis untuk menjual barang dan jasa yang cenderung dijual kepada konsumen akhir.

  1. Pengertian Discount (Potongan Harga)

Dalam pemasaran, Discount (Potongan harga) merupakan alat promosi yang dapat menarik perhatian konsumen untuk mendorong hasrat calon konsumen guna membeli produk yang ditawarkan.
Menurut Sutisna (2002:302):
“Potongan harga adalah pengurangan harga produk dari harga normal dalam periode tertentu”.
Sedangkan menurut Kotler dan AB. Susanto (2001:662):
Potongan harga merupakan pengurangan harga dari daftar harga jenis lainnya”.
Sedangkan menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong (2006:317):
Diskon yaitu pengurangan harga yang diberikan kepada konsumen untuk pembayaran cepat atau atas promosi yang dilakukan oleh provider itu sendiri”.
Maka dari itu, dapat beberapa pendapat diatas disimpulkan bahwa Discount (Potongan harga) merupakan kebijakan pengurangan harga yang dilakukan pemasar yang diberikan kepada konsumen pada waktu-waktu tertentu guna menarik perhatian dan merangsang hasrat konsumen untuk membeli produk tertentu dengan sesegera mungkin. Contohnya pada sebuah department store (tempat perbelanjaan) yang melakukan sebuah kebijakan pemberian discount (potongan harga) guna untuk menarik perhatian konsumen dan berdampak pada peningkatan penjualan pada Departement Store atau toko tersebut.



BAB III

METODE PENELITIAN



  1. Lokasi dan Waktu Penelitian

  1. Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik Jl. Gubenur Suryo – Komplek Multi Sarana Plaza Gresik.
  1. Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di Ramayana dengan rancangan waktu sebagai berikut:
  1. Masa persiapan dilakukan pada tanggal 19 Maret 2014 dengan rangkaian mempersiapkan surat izin observasi ke PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
  2. Masa Permohonan dilakukan pada tanggal 21 Maret 2014 dengan rangkaian memberikan surat permohonan izin observasi ke Pihak PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik melalui Security.
  3. Masa Observasi dilakukan pada tanggal 25 Maret 2014 dengan rangkaian observasi dengan Ramayana.
  4. Masa Penyusunan Laporan dilakukan tanggal 0106 April 2014 dengan rangkaian penyusunan laporan dari penulisan manual, proses editing, proses pengetikan sampai percetakan.
  1. Metode Pengumpulan Data

Di dalam peyusunan penulisan ilmiah ini penulis memerlukan sumber-sumber data.Untuk mempermudah penelitian ini peneliti menggunkan beberapa metode pengumpulan data, diantaranya adalah:
  1. Observasi
Dalam penelitian ini observasi akan dilakukan dengan cara peneliti langsung terjun kelapangan tepatnya di Kantor PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
  1. Wawancara
Wawancara dilakukan untuk menganalisa respon atau tanggapanmengenai permasalahan yang dirumuskan oleh penulis.Dalam metode wawancara ini peneliti akan melakukan wawancara kepada pihak pihak yang langsung berkaitan yaitu: Bapak Ali Warohana selaku manager promosi PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
  1. Tinjauan Pustaka
Penulis mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan pengetahuan berbahasa dari beberapa buku sumber dan beberapa situs di internet.

  1. Sumber Data

  1. Data Primer
Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari tempat penelitian (lokasi penelitian) dan merupakan data yang diperoleh dari sumber pertama  yaitu seperti hasil wawancara dan observasi yang berupa keterangan-keterangan dari pihak-pihak yang terkait. Hal ini untuk mendapatkan informasi mengenai Profil, Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
  1. Data Sekunder
Data sekunder merupakan data yang diperoleh peneliti bukan dari cara peneliti sendiri tetapi dikumpulkan oleh orang lain.Dalam data sekuder ini peneliti Program Promosi PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik Tahun 2014.

  1. Teknik Analisa Data

Tehnik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian in adalah analisa Deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data-data yang sudah terkumpul kemudian mengkaitkan antara data-data yang sudah terkumpul dari proses pengumpulan data yaitu melalui wawancara dan observasi. Dalam penerapannya, tehnik ini digunakan untuk Analisi SWOT PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.



BAB IV

PEMBAHASAN



  1. Profil Perusahaan

Nama            : PT Ramayana Lestari Sentosa Gresik
Alamat          : Jl. Gubenur Suryo – Komplek Multi Sarana Plaza Gresik
Telepon         : (031) 3971076
Faksimili       : (031) 3971201
E-mail            : RB16@Ramayana.Co.Id
Situs Web      : www.ramayana.co.id
Jenis Usaha  : Perusahaan ritel bergerak dalam bidang Dept.Store
Pemilk           : Paulus Tumewu
Karyawan      : 140 orang (Per Mei 2014)

  • Sejarah Perusahaan

PT. RAMAYANA LESTARI SENTOSA, Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis rantai toko swalayan yang ada di Indonesia. Jaringan toko yang dirintis oleh pasangan suami istri Paulus Tumewu dan Tan Lee Chuan ini pertama kali dibuka pada tahun 1978.
Toko yang pertama didirikan dengan nama Ramayana Fashion Store ini merupakan harapan pasangan asal Ujung Pandang, Sulawesi Selatan ini untuk mengadu nasib di ibukota Jakarta. Berangkat dari rencana membuka sebuah department store yang menyediakan barang-barang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau, mereka mulai memberanikan diri untuk membuka bisnis garmen dan pakaian.
Perkembangan toko yang baru dibuka itu nyatanya menunjukkan hasil yang baik. Terbukti pada tahun 1985, mereka telah membuka toko cabang yang berada di luar Jakarta yakni di Bandung. Selain itu, mereka juga mulai mengembangkan produk-produk yang ditawarkan di toko. Pada toko cabang pertama mereka di Bandung, mereka telah memperkenalkan produk aksesoris seperti sepatu dan tas yang tak hanya terbatas pada pakaian.
Seiring dengan perkembangan toko yang semakin pesat. Bisnis toko sederhana ini pun menjelma menjadi sebuah jaringan ritel yang tumbuh secara global. Pada tahun 1989 saja, Ramayana telah memiliki lebih dari 13 gerai yang mampu mempekerjakan setidaknya 2.500 orang karyawan.
Kedudukan Ramayana semakin kuat saat perusahaan melakukan penawaran umum perdana sejak tahun 1996 seiring dengan pertumbuhan gerai hingga mencapai 45 unit.
Hingga saat ini jaringan ritel Ramayana telah tersebar di lebih dari 42 kota besar yang ada di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi bahkan Ramayana telah membuka jaringan toko di Papua pada tahun 2010.
  • Struktur Organisasi

Struktur organisasi merupakan suatu susunan mengenai hubungan-hubungan diantara fungsi bagian-bagian maupun personil yang menunjukan kedudukan, tanggung jawab dan wewenang dalam organisasi, bagian-bagian yang ada dalam organisasi dan tujuan yang ingin dicapai organisasi. Struktur organisasi dari PT Ramayana Lestari Sentosa Gresik dapat digambarkan sebagai berikut.



  1. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Perusahaan

  • Visi dari Ramayana Lestari Sentosa Gresik adalah :
Untuk menempatkan,memperkuat posisinya sebagai perusahaan ritel terbesar dan paling menguntungkan di sektor ritel,dengan mengandalkan biaya,meningkatkan pelayanan konsumen,mengembangkan sumber daya manusia Serta memelihara hubungan yang saling menguntungkan dengan para pemasok dan rekan bisnis.
  • Misi dari Ramayana Lestari Sentosa Gresik adalah :
Sebagai perusahaan ritel yang memiliki komitmen untuk melayani kebutuhan kelompok menengah ke bawah dengan menyediakan serangkaian barang-barang berkualitas dan bernilai di sertai layanan konsumen terbaik.
  • Tujuan pokok kami adalah memaksimalkan nilai bagi para pihak pemegang kepentingan perusahaan.
  • Sasaran dari Ramayana Lestari Sentosa Gresik adalah masyarakat kelompok menengah ke bawah.

  1. Program Kerja 2014

Kalender Promosi 2014
Ramayana & Robinson Dept. Store

BULAN
HARI
TGL
ACARA
Januari
Jum'at
3
Imlek big diskon
IMLEK
Jum'at
10
Branded sale
Jum'at
17
Doble diskon merk terkenal
Jum'at
24
Pesta pakaian dalam
Jum'at
31
Jutaan sepatu & tas murah


Februari
Jum'at
7
Festifal T-shirt & Jeans
SHOES FAIR
Jum'at
14
Dobel diskon
Jum'at
21
Harga heboh
Jum'at
28
Anniversary sale




Maret
Jum'at
7
Pesta pakaian remaja
ANNIVERSARY
Jum'at
14
Beli 1 gratis 1 / beli 2 gratis 1
Jum'at
21
Doble diskon merk terkenal
Jum'at
28
Jutaan sepatu & tas murah




April
Jum'at
4
Pesta batik indonesia
SHOES FAIR
Jum'at
11
Harga gila
Jum'at
18
Dobel diskon
Jum'at
25
Murah terus terusan diskon terus terusan




Mei
Jum'at
2
Pesta T-shirt & Jeans
BIG SALE
Jum'at
9
Sejuta pakaian remaja murah
Jum'at
16
Branded sale
Jum'at
23
Dobel diskon
Jum'at
30
Holiday big sale




Juni
Jum'at
6
Pesta celana pendek & T-shirt
HOLIDAY
Jum'at
13
Back to school sale
BACK TO SCHOOL
Jum'at
20
Branded shoes sale
PRA LEBARAN
Jum'at
27
Lebaran big sale : pakaian muslim & anak




Juli
Jum'at
4
Lebaran big sale : pakaian wanita & sepatu
LEBARAN
Jum'at
11
Lebaran big sale : pakaian remaja & sepatu
Jum'at
18
Lebaran big sale : pakaian pria & sepatu
Jum'at
25
Lebaran big sale : semua barang


Agustus
Jum'at
1
Cuci gudang
CUCI GUDANG
Jum'at
8
Murah 1 harga
Jum'at
15
Dobel diskon
Jum'at
22
Harga heboh
Jum'at
29
Branded sale




September
Jum'at
5
Doble diskon merk terkenal
BRANDED SALE
Jum'at
12
Pesta pakaian dalam
Jum'at
19
Pesta jaket
Jum'at
26
Murah terus terusan diskon terus terusan




Oktober
Jum'at
3
Festival Jeans
SHOES FAIR
Jum'at
10
Beli 1 gratis 1 / beli 2 gratis 1
Jum'at
17
Harga heboh
Jum'at
24
Dobel diskon
Jum'at
31
Jutaan sepatu & tas murah

  1. Analisi SWOT

Strenght
  1. Brands awareness yang baik
  2. Nama besar sudah dikenal publik luas
  3. Menjual produk fasion yang beragam
  4. Menyediankan produk bagi seluruh kalangan (usia dan agama)
  5. Discount yang diberikan besar
Weakness
  1. Harga produk cenderung lebih mahal dibanding pesaing
  2. Banyaknya jumlah pekerja (SPG)
  3. Belum adanya pelayanan yang terotomatis
  4. Merek produk yang dijual di ramayana bisa juga didapatkan di tempat lain dengan mudah.
  5. Adaya persepsi masyarakat Diskon yang terlalu sering, dapat menimbulkan kesan bahwa produk Ramayana merupakan toko diskon (obral) dan meragukan kualitas produk didalamnya dengan menganggap bahwa produk pakaian Ramayana Department Store merupakan produk gagal atau cuci gudang.
Oportunity
  1. Pertumbuhan ekonomi masyarakat (Gresik) yang semakin meningkat
  2. Timbulnya kesadaran masyarakat tentang cara berpakaian yang mengikuti tren fashion
  3. Tumbuhnya minat masyarakat terhadap produk fashion yang branded
  4. Meningkatnya jumlah permintaan produk fashion menjelang hari raya
Threats
  1. Banyaknya dan munculnya pesaing yang bergerak dalam bidang yang sama
  2. UMR dan harga produk dari supplier yang terus meningkat
  3. Beberapa pesaing menjual produk dengan harga yang lebih murah
  4. Maraknya butik berbasis online shop


BAB V

PENUTUP



  1. Kesimpulan

Berdasarkan hasil observasi dilakukan pada tanggal 25 Maret 2014 di PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk Gresik,ramayana merupakan salah satu Department Store yang sering mengadakan potongan harga, atau yang sering kita sebut sebagai discount, yang merupakan salah satu strategi menarik konsumen untuk datang dan membeli. Jauh dari itu, discount (potongan harga) dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan yakni tercapainya target penjualan.
Dalam pelaksanaannya, Ramayana Lestari Sentosa tbk memiliki beberapa strategi dalam memutuskan penetapan diadakannya discount, baik dalam segi waktu, kegunaan, serta efek dari diadakannya kebijakan discount (potongan harga).

  1. Saran

Saran  yang  dapat  diberikan  yaitu  pengoptimalan  penerapan  strategi melalui pemanfaatan fasilitas online dan delivery order, penambahan souvenir dan pembuatan  membercard.




DAFTAR PUSTAKA




  • Putri. 2011. Pengertian Manajemen Retail. (http://putriningrum.blogsport.com, di unduh pada tanggal 27 Maret 2014).
  • Indira. 2012. Manajemen Pemasaran. (http://indiradjangkaru.blogsport.com, di unduh pada tanggal 27 Maret 2014).
  • Sejarah. (WWW.Ramayana.ac.id, di unduh pada tanggal 27 Maret 2014).



LAMPIRAN




Dokumentasi

Depan Mall Gresik

Setelah melakukan wawancara dengan Bapak Ali Wardana
Manajer Pemasaran PT Ramayana (RB 16) Gresik
Area Penjualan
PT Ramayana (RB 16) Gresik

SPG
PT Ramayana (RB 16) Gresik






 

Komentar

  1. Enter your comment...
    Sepertinya masih banyak yg perlu digali lagi informasinya,tapi overall lumayan bagus.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. गुरमीत चौधरी का पूरा ध्यान बॉलीवुड पर
    Readmore todaynews18.com https://goo.gl/8IZa5L

    BalasHapus
  4. Thank you for sharing your knowledge and experience. It is the most helpful explanation I have come across so far. Good job and wish you more success.
    digital marketing company in india

    BalasHapus
  5. Tevida information before making any purchase.Be sure to carefully check the ingredient list when considering a product. The most effective supplements for men are those that use 100% natural ingredients and are
    https://www.supplementsforfitness.com/tevida/

    BalasHapus
  6. Revuesdefaits defines personal characteristics of various health merchandise together with skincare, weight loss, muscle and male enhancement. The study presented here is briefly described for reader convenience and to deliver them assurance with health standards. The best potential answers are given here concerning the selection of a perfect supplement or cream or serum that presumably remains to be safe for health and do not cause any facet effects.

    BalasHapus
  7. Keto 180 Shark Tank defines personal characteristics of health merchandise.Keto 180 is a 100% pure weight loss product which Diminishing stored fats and calories from the bodies

    http://keto180.over-blog.com/

    https://www.pinterest.com/keto180/

    BalasHapus


  8. Pinterest

    Instagram

    Twitter/



    Different health products including skincare,weightloss,muscle and male enhancement.Supplements Book is supplying 100% original and accurate information at each moment of time around our site and merchandise, and the intent is to improve the usage of good and pure health supplement.
    http://supplementsbook.org

    http://supplementsbook.org/keto-ultra-burn/

    http://supplementsbook.org/keto-power-diet/

    https://sites.google.com/site/supplementsbookk/

    BalasHapus
  9. Wellness Trials is a Health & Wellness Product We update our users with health tips and health products reviews. If you want to know any information about health o& Wellness Product (Side Effects & Benefits) Feel Free To ask Wellness Trials.

    http://www.wellnesstrials.com/

    https://www.wellnesstrials.com/legends-nutrition-keto-diet/

    https://www.pinterest.com/claimwellnesstrials/

    https://www.instagram.com/claimwellnesstrials/

    http://claimwellnesstrials.over-blog.com/

    https://works.bepress.com/wellness-trials2/

    BalasHapus
  10. This supplement is proven and well tested by the special experts and made from a certified company. You may attend be amazied by its Best results & Ingredients and operating process is thus incredible.Info About This Visit Here >> Supplement WebMd.

    https://www.supplementwebmd.com/

    https://www.supplementwebmd.com/biofluxe-keto/

    https://works.bepress.com/supplement-webmd/

    http://supplement-webmd.over-blog.com/

    BalasHapus
  11. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  12. SafeBreath Pro is an anti-pollution N95 face mask respirator designed to provide clean air breathing protection and an extra layer of defense against airborne particles like Virus.In our Safe Breath Pro mask review, we'll tell you all about the Safe Breath Pro price, effectiveness and much more. It is now the time to protect your body from the worst viruses roaming around your place. #SafeBreath_Pro_Mask is the modern face mask that you.This is the face mask designed using advanced filtration system that filters out the harmful chemicals, bacteria and viruses from air and delivers you clean.

    SafeBreath Pro - Best mask Available In USA/UK/CA/AU
    SafeBreath Pro
    SafeBreath Pro Mask
    Safe Breath pro face masks
    Safebreath pro mask for sale
    Safebreath pro mask amazon
    Safe breath N95 mask
    N95 Mask for sale
    SafeBreath Pro Mask Reviews
    SafeBreath Pro Stock
    N95 Mask To Protect From Germs, Virus & Pollution
    Safe Breath mask price
    SafeBreath mask review
    safebreath pro face mask
    SafeBreath Pro N95 Mask
    safebreathe pro mask cost
    Safe Breath pro mask USA
    Safebreath pro mask official website
    Safe breath pro mask scam reports
    SafeBreath pro mask facts
    SafeBreath pro mask 2020
    Oxygen Breathing Face Mask
    SafeBreath pro mask United States
    Anti-pollution mask
    Virus protection mask
    SafeBreath pro discount
    SafeBreath pro uses
    SafeBreath Pro Mask - Complete Guide
    How to Buy SafeBreath Mask?
    SafeBreath Pro Mask | 2020 | Reviews, Benefits, Side Effects & Price!
    SafeBreath Mask Anti Pollution Face Mask Review!
    SafeBreath Pro Mask VS OxyBreath Pro

    Official Website>>> http://safebreathpro.info/

    BalasHapus
  13. Because Madden 21 was released a few days ago, I found that there are many new websites online. And as far as I know, there are many types of such websites. Due to the long-term operation of Madden NFL, many websites have accumulated rich reputation and rich experience. Some are for game guides, some are for how to get gold. Of course, you can also find a lot of game anchors on YouTube to see how they play the game, and some of them will recommend websites, which is very helpful. I saw an anchor recommend GameMS on Youtube, and then I bought it several times here. Overall, I am very satisfied.At https://www.gamems.com/madden-21-coins

    At the same time, the GameMS website is also one of the most important websites about Madden 21 games. You will be able to get cheap Madden 21 Coins and rich gameplay, or discuss some novel gameplay with these players in some forums. This is really true. Very interesting, I think every Madden NFL player should collect this website, it will give you a lot of help.

    BalasHapus

  14. It isn't useful. I attempt to give as much incentive as possible. The entire intricacy of healthy skin becomes an integral factor also. It is safe to say that you are influenced by healthy skin? That is the best skin health management I've ever found. Healthy skin totally functions admirably if everything is done well.

    https://www.nutrahealthpro.com

    https://www.facebook.com/nutrahealthpro

    https://twitter.com/nutrahealthpro

    https://in.pinterest.com/nutrahealthpro1

    BalasHapus

  15. This is the means by which to guarantee your Male Enhancement. Stick around and I'll put across it. I may advise my parrot on how to utilize Male Enhancement. They're as yet in the sudden stunning exhibition over it. This is a Begin to hitting on getting together more Male Enhancement. This has been a striking plan.

    Read More - https://www.nutrahealthpro.com/pure-vigor-x/

    https://nutrahealthpro1.blogspot.com/2021/01/purevigorx.html

    https://sites.google.com/view/pure-vigor-x-review/home

    https://www.facebook.com/nutrahealthpro/posts/211865677319900

    https://twitter.com/nutrahealthpro/status/1354741854311378946

    https://in.pinterest.com/pin/596867756863817361

    https://www.instagram.com/p/CKlgxLdlJaB/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Jabatan

Makalah Perkembangan Pemikiran Mengenai Kualitas