Laporan Observasi PT Ramayana Lestari Sentosa,Tbk (RB16) Gresik
LAPORAN
OBSERVASI
PT
RAMAYANA LESTARI SENTOSA,Tbk (RB.16) GRESIK
Mata
Kuliah : Komunikasi
Bisnis
M.
Agung Surianto. SE. M. Si
Dibuat
oleh:
Abu
Tholib ( 12 311 099)
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH GRESIK
2014
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan hidayah-NYA, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan
makalah ini untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Kuminikasi Bisnis
dengan judul ”Laporan
Observasi PT Ramayana Lestari Sentosa,Tbk (RB16) Gresik”
Selanjutnya
pada kesempatan ini perkenankanlah kami menyampaikan terimakasih
kepada :
- M. Agung Surianto. SE. M. Si yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada kami sehingga terwujudnya makalah ini.
Saya
sadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak
kekurangan dan kesalahan. Akhirnya dengan iringan do’a yang tulus
ikhlas semoga laporan ini dapat bermanfa’at bagi penulis khususnya
dan bagi para pembaca pada umumnya.
Penulis,
26
Maret
2014
Abu
Tholib
BAB I
PENDAHULUAN
Latar belakang
Dalam era
yang serba modern seperti saat ini, tingkat persaingan bisnis yang
tinggi membuat perusahaan berlomba-lomba untuk mempertahankan,
memenangkan persaingan pasar serta memperluas keeksistensiannya.
Industri sejenis akan selalu berusaha memperebutkan pasar yang sama.
Imbas dari persaingan itu tentunya sangat jelas dimana konsumen
kemudian menjadi semakin kritis memilih yang terbaik bagi mereka.
Maka dari itu pemasaran perlu mengetahui dan mempelajari kebutuhan
dan keinginan konsumen, serta karakter yang dimiliki konsumen.
Salah satu
bidang usaha yang berkembang pesat saat ini adalah retail.
Hal
ini ditandai dengan semakin banyaknya usaha retail
di
Indonesia karena banyaknya permintaan masyarakat dan gaya hidup
masyarakat yang semakin modern, yakni lebih menyenangi suasana
kenyamanan berbelanja, kemudahan dalam menemukan produk, kepraktisan
dengan harga terjangkau. Department
Store merupakan
suatu sarana berbelanja retail
yang
menawarkan berbagai jenis produk berbagai supplier
untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Rumusan masalah
Berdasarkan uraian dari latar
belakang diatas,maka secara umum rumusan masalah pada makalah ini
adalah sebagai berikut :
- Bagaimana Profil PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik ?
- Bagaimana Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik ?
- Bagaimana Program Kerja Tahun 2014 PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik ?
- Bagaimana Analisi SWOT PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik ?
Tujuan Penulisan
Tujuan dalam pembahasan
makalah ini, yang berjudul “Laporan
hasil observasi Bank Syariah Mandiri”
berdasarkan rumusan masalah di atas
antara
lain
- Mengetahui Profil PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
- Mengetahui Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik..
- Mengetahui Program Kerja Tahun 2014 PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
- Mengetahui Analisi SWOT PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan
dapat diperoleh dari penelitian ini terdiri atas menfaat teoritis
dan manfaat praktis sebagai berikut
:
- Manfaat Teoritis dari penelitian ini yaitu:
- Menilai penerapan promisi yang dilakukan PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
- Membuktikan kesesuaian antara teori-teori yang ada dengan praktik dilapangan.
- Sebagai pengembangan ilmu khususnya komunikasi bisnis yang berhubungan dengan staregi pemasaran.
- Manfaat Praktis dari penelitian ini yaitu:
- Memberikan informasi bagi PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
- Menjadi bahan acuan dan referensi bagi peneliti selanjutnya yang meneliti obyek penelitian yang sama dengan peneliti ini.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
Pengertian Retail
Pada dasarnya retail
merupakan
suatu bisnis usaha yang berkecimpung dalam bidang penjualan produk
secara eceran.
Menurut Buchari Alma
(2009:54):
Perdagangan eceran adalah
suatu kegiatan menjual barang dan jasa kepada konsumen akhir.
Sedangkan menurut Asep ST. Sujana (2005:5) menyatakan bahwa:
Secara harfiah kata ritel atau
retail
berarti
eceran atau perdagangan eceran, dan peritel / retailer
diartikan
sebagai pengecer atau pengusaha perdagangan eceran. Menurut kamus,
retail
ditafsirkan
sebagai “selling
of goods nd or services to the publics”; atau
penjualan barang dan atau jasa kepada khalayak. Dari penjelasan
diatas, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Retail
merupakan
usaha yang meliputi aktivitas bisnis untuk menjual barang dan jasa
yang cenderung dijual kepada konsumen akhir.
Pengertian Discount (Potongan Harga)
Dalam pemasaran, Discount
(Potongan
harga) merupakan alat promosi yang dapat menarik perhatian konsumen
untuk mendorong hasrat calon konsumen guna membeli produk yang
ditawarkan.
Menurut Sutisna (2002:302):
“Potongan
harga adalah pengurangan harga produk dari harga normal dalam periode
tertentu”.
Sedangkan menurut Kotler dan
AB. Susanto (2001:662):
“Potongan harga merupakan
pengurangan harga dari daftar harga jenis lainnya”.
Sedangkan menurut Philip
Kotler dan Gary Amstrong (2006:317):
“Diskon yaitu pengurangan
harga yang diberikan kepada konsumen untuk pembayaran cepat atau atas
promosi yang dilakukan oleh provider
itu
sendiri”.
Maka dari itu, dapat beberapa
pendapat diatas disimpulkan bahwa Discount
(Potongan
harga) merupakan kebijakan pengurangan harga yang dilakukan pemasar
yang diberikan kepada konsumen pada waktu-waktu tertentu guna menarik
perhatian dan merangsang hasrat konsumen untuk membeli produk
tertentu dengan sesegera mungkin. Contohnya pada sebuah department
store (tempat
perbelanjaan) yang melakukan sebuah kebijakan pemberian discount
(potongan
harga) guna untuk menarik perhatian konsumen dan berdampak pada
peningkatan penjualan pada Departement
Store atau
toko tersebut.
BAB III
METODE PENELITIAN
Lokasi dan Waktu Penelitian
- Lokasi Penelitian
Penelitian
ini dilaksanakan di Kantor
PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik Jl. Gubenur Suryo – Komplek
Multi Sarana Plaza Gresik.
- Waktu Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di
Ramayana
dengan rancangan waktu sebagai berikut:
- Masa persiapan dilakukan pada tanggal 19 Maret 2014 dengan rangkaian mempersiapkan surat izin observasi ke PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
- Masa Permohonan dilakukan pada tanggal 21 Maret 2014 dengan rangkaian memberikan surat permohonan izin observasi ke Pihak PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik melalui Security.
- Masa Observasi dilakukan pada tanggal 25 Maret 2014 dengan rangkaian observasi dengan Ramayana.
- Masa Penyusunan Laporan dilakukan tanggal 01 – 06 April 2014 dengan rangkaian penyusunan laporan dari penulisan manual, proses editing, proses pengetikan sampai percetakan.
Metode Pengumpulan Data
Di
dalam peyusunan penulisan ilmiah ini penulis memerlukan sumber-sumber
data.Untuk
mempermudah penelitian ini peneliti menggunkan beberapa metode
pengumpulan data, diantaranya adalah:
- Observasi
Dalam penelitian ini observasi
akan dilakukan dengan cara peneliti langsung terjun kelapangan
tepatnya di Kantor
PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
- Wawancara
Wawancara dilakukan untuk
menganalisa respon atau tanggapanmengenai permasalahan yang
dirumuskan oleh penulis.Dalam
metode wawancara ini peneliti akan melakukan wawancara kepada pihak
pihak yang langsung berkaitan yaitu: Bapak
Ali Warohana selaku manager promosi
PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
- Tinjauan Pustaka
Penulis
mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan pengetahuan berbahasa
dari beberapa buku sumber dan beberapa situs di internet.
Sumber Data
- Data Primer
Data
primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari tempat
penelitian (lokasi penelitian) dan merupakan data yang diperoleh dari
sumber pertama yaitu seperti hasil wawancara dan observasi yang
berupa keterangan-keterangan dari pihak-pihak yang terkait. Hal
ini untuk mendapatkan informasi mengenai Profil, Visi,
Misi, Tujuan dan Sasaran PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
- Data Sekunder
Data
sekunder merupakan data yang diperoleh peneliti bukan dari cara
peneliti sendiri tetapi dikumpulkan oleh orang lain.Dalam data
sekuder ini peneliti Program Promosi PT
Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik
Tahun 2014.
Teknik Analisa Data
Tehnik
analisis data yang dipergunakan dalam penelitian in adalah analisa
Deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis
data-data yang sudah terkumpul kemudian mengkaitkan antara data-data
yang sudah terkumpul dari proses pengumpulan data yaitu melalui
wawancara dan observasi. Dalam
penerapannya, tehnik ini digunakan untuk Analisi
SWOT PT Ramanyana Lestari Sentosa Tbk Gresik.
BAB IV
PEMBAHASAN
Profil Perusahaan
Nama : PT
Ramayana
Lestari Sentosa Gresik
Alamat :
Jl.
Gubenur Suryo – Komplek Multi Sarana Plaza Gresik
Telepon :
(031)
3971076
Faksimili :
(031) 3971201
E-mail :
RB16@Ramayana.Co.Id
Situs
Web : www.ramayana.co.id
Jenis
Usaha : Perusahaan ritel bergerak dalam bidang Dept.Store
Pemilk :
Paulus Tumewu
Karyawan :
140 orang (Per Mei 2014)
Sejarah Perusahaan
PT.
RAMAYANA LESTARI SENTOSA, Tbk merupakan salah satu perusahaan yang
bergerak dalam bidang bisnis rantai toko swalayan yang ada di
Indonesia. Jaringan toko yang dirintis oleh pasangan suami istri
Paulus Tumewu dan Tan Lee Chuan ini pertama kali dibuka pada tahun
1978.
Toko
yang pertama didirikan dengan nama Ramayana Fashion Store ini
merupakan harapan pasangan asal Ujung Pandang, Sulawesi Selatan ini
untuk mengadu nasib di ibukota Jakarta. Berangkat dari rencana
membuka sebuah department store yang menyediakan barang-barang
berkualitas namun dengan harga yang terjangkau, mereka mulai
memberanikan diri untuk membuka bisnis garmen dan pakaian.
Perkembangan
toko yang baru dibuka itu nyatanya menunjukkan hasil yang baik.
Terbukti pada tahun 1985, mereka telah membuka toko cabang yang
berada di luar Jakarta yakni di Bandung. Selain itu, mereka juga
mulai mengembangkan produk-produk yang ditawarkan di toko. Pada toko
cabang pertama mereka di Bandung, mereka telah memperkenalkan produk
aksesoris seperti sepatu dan tas yang tak hanya terbatas pada
pakaian.
Seiring
dengan perkembangan toko yang semakin pesat. Bisnis toko sederhana
ini pun menjelma menjadi sebuah jaringan ritel yang tumbuh secara
global. Pada tahun 1989 saja, Ramayana telah memiliki lebih dari 13
gerai yang mampu mempekerjakan setidaknya 2.500 orang karyawan.
Kedudukan
Ramayana semakin kuat saat perusahaan melakukan penawaran umum
perdana sejak tahun 1996 seiring dengan pertumbuhan gerai hingga
mencapai 45 unit.
Hingga
saat ini jaringan ritel Ramayana telah tersebar di lebih dari 42 kota
besar yang ada di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi bahkan
Ramayana telah membuka jaringan toko di Papua pada tahun 2010.
Struktur Organisasi
Struktur
organisasi merupakan suatu susunan mengenai hubungan-hubungan
diantara fungsi bagian-bagian maupun personil yang menunjukan
kedudukan, tanggung jawab dan wewenang dalam organisasi,
bagian-bagian yang ada dalam organisasi dan tujuan yang ingin dicapai
organisasi. Struktur organisasi dari PT Ramayana Lestari Sentosa
Gresik dapat digambarkan sebagai berikut.
Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Perusahaan
- Visi dari Ramayana Lestari Sentosa Gresik adalah :
Untuk
menempatkan,memperkuat posisinya sebagai perusahaan ritel terbesar
dan paling menguntungkan di sektor ritel,dengan mengandalkan
biaya,meningkatkan pelayanan konsumen,mengembangkan sumber daya
manusia Serta memelihara hubungan yang saling menguntungkan dengan
para pemasok dan rekan bisnis.
- Misi dari Ramayana Lestari Sentosa Gresik adalah :
Sebagai
perusahaan ritel yang memiliki komitmen untuk melayani kebutuhan
kelompok menengah ke bawah dengan menyediakan serangkaian
barang-barang berkualitas dan bernilai di sertai layanan konsumen
terbaik.
- Tujuan pokok kami adalah memaksimalkan nilai bagi para pihak pemegang kepentingan perusahaan.
- Sasaran dari Ramayana Lestari Sentosa Gresik adalah masyarakat kelompok menengah ke bawah.
Program Kerja 2014
Kalender
Promosi 2014
Ramayana &
Robinson Dept. Store
BULAN
|
HARI
|
TGL
|
ACARA
|
Januari
|
Jum'at
|
3
|
Imlek
big diskon
|
IMLEK
|
Jum'at
|
10
|
Branded
sale
|
Jum'at
|
17
|
Doble
diskon merk terkenal
|
|
Jum'at
|
24
|
Pesta
pakaian dalam
|
|
Jum'at
|
31
|
Jutaan
sepatu & tas murah
|
Februari
|
Jum'at
|
7
|
Festifal
T-shirt & Jeans
|
SHOES
FAIR
|
Jum'at
|
14
|
Dobel
diskon
|
Jum'at
|
21
|
Harga
heboh
|
|
Jum'at
|
28
|
Anniversary
sale
|
|
Maret
|
Jum'at
|
7
|
Pesta
pakaian remaja
|
ANNIVERSARY
|
Jum'at
|
14
|
Beli
1 gratis 1 / beli 2 gratis 1
|
Jum'at
|
21
|
Doble
diskon merk terkenal
|
|
Jum'at
|
28
|
Jutaan
sepatu & tas murah
|
|
April
|
Jum'at
|
4
|
Pesta
batik indonesia
|
SHOES
FAIR
|
Jum'at
|
11
|
Harga
gila
|
Jum'at
|
18
|
Dobel
diskon
|
|
Jum'at
|
25
|
Murah
terus terusan diskon terus terusan
|
|
Mei
|
Jum'at
|
2
|
Pesta
T-shirt & Jeans
|
BIG
SALE
|
Jum'at
|
9
|
Sejuta
pakaian remaja murah
|
Jum'at
|
16
|
Branded
sale
|
|
Jum'at
|
23
|
Dobel
diskon
|
|
Jum'at
|
30
|
Holiday
big sale
|
|
Juni
|
Jum'at
|
6
|
Pesta
celana pendek & T-shirt
|
HOLIDAY
|
Jum'at
|
13
|
Back
to school sale
|
BACK
TO SCHOOL
|
Jum'at
|
20
|
Branded
shoes sale
|
PRA
LEBARAN
|
Jum'at
|
27
|
Lebaran
big sale : pakaian muslim & anak
|
Juli
|
Jum'at
|
4
|
Lebaran
big sale : pakaian wanita & sepatu
|
LEBARAN
|
Jum'at
|
11
|
Lebaran
big sale : pakaian remaja & sepatu
|
Jum'at
|
18
|
Lebaran
big sale : pakaian pria & sepatu
|
|
Jum'at
|
25
|
Lebaran
big sale : semua barang
|
Agustus
|
Jum'at
|
1
|
Cuci
gudang
|
CUCI
GUDANG
|
Jum'at
|
8
|
Murah
1 harga
|
Jum'at
|
15
|
Dobel
diskon
|
|
Jum'at
|
22
|
Harga
heboh
|
|
Jum'at
|
29
|
Branded
sale
|
|
September
|
Jum'at
|
5
|
Doble
diskon merk terkenal
|
BRANDED
SALE
|
Jum'at
|
12
|
Pesta
pakaian dalam
|
Jum'at
|
19
|
Pesta
jaket
|
|
Jum'at
|
26
|
Murah
terus terusan diskon terus terusan
|
|
Oktober
|
Jum'at
|
3
|
Festival
Jeans
|
SHOES
FAIR
|
Jum'at
|
10
|
Beli
1 gratis 1 / beli 2 gratis 1
|
Jum'at
|
17
|
Harga
heboh
|
|
Jum'at
|
24
|
Dobel
diskon
|
|
Jum'at
|
31
|
Jutaan
sepatu & tas murah
|
Analisi SWOT
Strenght
- Brands awareness yang baik
- Nama besar sudah dikenal publik luas
- Menjual produk fasion yang beragam
- Menyediankan produk bagi seluruh kalangan (usia dan agama)
- Discount yang diberikan besar
Weakness
- Harga produk cenderung lebih mahal dibanding pesaing
- Banyaknya jumlah pekerja (SPG)
- Belum adanya pelayanan yang terotomatis
- Merek produk yang dijual di ramayana bisa juga didapatkan di tempat lain dengan mudah.
- Adaya persepsi masyarakat Diskon yang terlalu sering, dapat menimbulkan kesan bahwa produk Ramayana merupakan toko diskon (obral) dan meragukan kualitas produk didalamnya dengan menganggap bahwa produk pakaian Ramayana Department Store merupakan produk gagal atau cuci gudang.
Oportunity
- Pertumbuhan ekonomi masyarakat (Gresik) yang semakin meningkat
- Timbulnya kesadaran masyarakat tentang cara berpakaian yang mengikuti tren fashion
- Tumbuhnya minat masyarakat terhadap produk fashion yang branded
- Meningkatnya jumlah permintaan produk fashion menjelang hari raya
Threats
- Banyaknya dan munculnya pesaing yang bergerak dalam bidang yang sama
- UMR dan harga produk dari supplier yang terus meningkat
- Beberapa pesaing menjual produk dengan harga yang lebih murah
- Maraknya butik berbasis online shop
BAB V
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan
hasil observasi dilakukan
pada tanggal 25
Maret 2014 di
PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk Gresik,ramayana merupakan salah satu
Department
Store yang
sering mengadakan potongan harga,
atau
yang sering kita sebut sebagai discount,
yang merupakan
salah
satu strategi
menarik konsumen untuk datang dan membeli. Jauh dari itu, discount
(potongan
harga) dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan yakni tercapainya
target penjualan.
Dalam
pelaksanaannya, Ramayana Lestari Sentosa tbk memiliki beberapa
strategi dalam memutuskan penetapan diadakannya discount,
baik dalam segi waktu, kegunaan, serta efek dari diadakannya
kebijakan discount
(potongan
harga).
Saran
Saran
yang
dapat
diberikan
yaitu
pengoptimalan
penerapan
strategi
melalui
pemanfaatan
fasilitas
online
dan
delivery
order,
penambahan
souvenir
dan
pembuatan
membercard.
DAFTAR PUSTAKA
- Putri. 2011. Pengertian Manajemen Retail. (http://putriningrum.blogsport.com, di unduh pada tanggal 27 Maret 2014).
- Indira. 2012. Manajemen Pemasaran. (http://indiradjangkaru.blogsport.com, di unduh pada tanggal 27 Maret 2014).
- Sejarah. (WWW.Ramayana.ac.id, di unduh pada tanggal 27 Maret 2014).
LAMPIRAN
Dokumentasi
Depan
Mall Gresik
Setelah
melakukan wawancara dengan Bapak
Ali Wardana
Manajer
Pemasaran PT Ramayana (RB 16) Gresik
Area
Penjualan
PT
Ramayana (RB 16) Gresik
SPG
PT
Ramayana (RB 16) Gresik
Enter your comment...
BalasHapusSepertinya masih banyak yg perlu digali lagi informasinya,tapi overall lumayan bagus.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusगुरमीत चौधरी का पूरा ध्यान बॉलीवुड पर
BalasHapusReadmore todaynews18.com https://goo.gl/8IZa5L
Thank you for sharing your knowledge and experience. It is the most helpful explanation I have come across so far. Good job and wish you more success.
BalasHapusdigital marketing company in india
Tevida information before making any purchase.Be sure to carefully check the ingredient list when considering a product. The most effective supplements for men are those that use 100% natural ingredients and are
BalasHapushttps://www.supplementsforfitness.com/tevida/
Revuesdefaits defines personal characteristics of various health merchandise together with skincare, weight loss, muscle and male enhancement. The study presented here is briefly described for reader convenience and to deliver them assurance with health standards. The best potential answers are given here concerning the selection of a perfect supplement or cream or serum that presumably remains to be safe for health and do not cause any facet effects.
BalasHapusKeto 180 Shark Tank defines personal characteristics of health merchandise.Keto 180 is a 100% pure weight loss product which Diminishing stored fats and calories from the bodies
BalasHapushttp://keto180.over-blog.com/
https://www.pinterest.com/keto180/
BalasHapusPinterest
Instagram
Twitter/
Different health products including skincare,weightloss,muscle and male enhancement.Supplements Book is supplying 100% original and accurate information at each moment of time around our site and merchandise, and the intent is to improve the usage of good and pure health supplement.
http://supplementsbook.org
http://supplementsbook.org/keto-ultra-burn/
http://supplementsbook.org/keto-power-diet/
https://sites.google.com/site/supplementsbookk/
Wellness Trials is a Health & Wellness Product We update our users with health tips and health products reviews. If you want to know any information about health o& Wellness Product (Side Effects & Benefits) Feel Free To ask Wellness Trials.
BalasHapushttp://www.wellnesstrials.com/
https://www.wellnesstrials.com/legends-nutrition-keto-diet/
https://www.pinterest.com/claimwellnesstrials/
https://www.instagram.com/claimwellnesstrials/
http://claimwellnesstrials.over-blog.com/
https://works.bepress.com/wellness-trials2/
This supplement is proven and well tested by the special experts and made from a certified company. You may attend be amazied by its Best results & Ingredients and operating process is thus incredible.Info About This Visit Here >> Supplement WebMd.
BalasHapushttps://www.supplementwebmd.com/
https://www.supplementwebmd.com/biofluxe-keto/
https://works.bepress.com/supplement-webmd/
http://supplement-webmd.over-blog.com/
Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com
BalasHapusKelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI
8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66
Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
SafeBreath Pro is an anti-pollution N95 face mask respirator designed to provide clean air breathing protection and an extra layer of defense against airborne particles like Virus.In our Safe Breath Pro mask review, we'll tell you all about the Safe Breath Pro price, effectiveness and much more. It is now the time to protect your body from the worst viruses roaming around your place. #SafeBreath_Pro_Mask is the modern face mask that you.This is the face mask designed using advanced filtration system that filters out the harmful chemicals, bacteria and viruses from air and delivers you clean.
BalasHapusSafeBreath Pro - Best mask Available In USA/UK/CA/AU
SafeBreath Pro
SafeBreath Pro Mask
Safe Breath pro face masks
Safebreath pro mask for sale
Safebreath pro mask amazon
Safe breath N95 mask
N95 Mask for sale
SafeBreath Pro Mask Reviews
SafeBreath Pro Stock
N95 Mask To Protect From Germs, Virus & Pollution
Safe Breath mask price
SafeBreath mask review
safebreath pro face mask
SafeBreath Pro N95 Mask
safebreathe pro mask cost
Safe Breath pro mask USA
Safebreath pro mask official website
Safe breath pro mask scam reports
SafeBreath pro mask facts
SafeBreath pro mask 2020
Oxygen Breathing Face Mask
SafeBreath pro mask United States
Anti-pollution mask
Virus protection mask
SafeBreath pro discount
SafeBreath pro uses
SafeBreath Pro Mask - Complete Guide
How to Buy SafeBreath Mask?
SafeBreath Pro Mask | 2020 | Reviews, Benefits, Side Effects & Price!
SafeBreath Mask Anti Pollution Face Mask Review!
SafeBreath Pro Mask VS OxyBreath Pro
Official Website>>> http://safebreathpro.info/
Because Madden 21 was released a few days ago, I found that there are many new websites online. And as far as I know, there are many types of such websites. Due to the long-term operation of Madden NFL, many websites have accumulated rich reputation and rich experience. Some are for game guides, some are for how to get gold. Of course, you can also find a lot of game anchors on YouTube to see how they play the game, and some of them will recommend websites, which is very helpful. I saw an anchor recommend GameMS on Youtube, and then I bought it several times here. Overall, I am very satisfied.At https://www.gamems.com/madden-21-coins
BalasHapusAt the same time, the GameMS website is also one of the most important websites about Madden 21 games. You will be able to get cheap Madden 21 Coins and rich gameplay, or discuss some novel gameplay with these players in some forums. This is really true. Very interesting, I think every Madden NFL player should collect this website, it will give you a lot of help.
BalasHapusIt isn't useful. I attempt to give as much incentive as possible. The entire intricacy of healthy skin becomes an integral factor also. It is safe to say that you are influenced by healthy skin? That is the best skin health management I've ever found. Healthy skin totally functions admirably if everything is done well.
https://www.nutrahealthpro.com
https://www.facebook.com/nutrahealthpro
https://twitter.com/nutrahealthpro
https://in.pinterest.com/nutrahealthpro1
BalasHapusThis is the means by which to guarantee your Male Enhancement. Stick around and I'll put across it. I may advise my parrot on how to utilize Male Enhancement. They're as yet in the sudden stunning exhibition over it. This is a Begin to hitting on getting together more Male Enhancement. This has been a striking plan.
Read More - https://www.nutrahealthpro.com/pure-vigor-x/
https://nutrahealthpro1.blogspot.com/2021/01/purevigorx.html
https://sites.google.com/view/pure-vigor-x-review/home
https://www.facebook.com/nutrahealthpro/posts/211865677319900
https://twitter.com/nutrahealthpro/status/1354741854311378946
https://in.pinterest.com/pin/596867756863817361
https://www.instagram.com/p/CKlgxLdlJaB/