Laporan Company Visit PT Sinar Sosro Mojokerto

LAPORAN COMPANY VISIT
PT SINAR SOSRO MOJOKERTO



Mata Kuliah : Sistem Informasi Manajemen

Dosen Pembimbing :
Abdurrahman Faris I.H. S.E


Dibuat oleh:


Abu Tholib            ( 12 311 099 )

Desy Riskawati     ( 12 311 053)

Khusnul Khotima ( 12 311 062)

Meylinda Aviyani   ( 12 311 063)


PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
2014

 

KATA PENGANTAR



Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-NYA, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dengan judul Laporan Company Visit PT Sinar Sosro Mojokerto”.
Kami memilih judul tersebut dengan maksud agar para pembaca, masyarakat umum serta mahasiswa pada khususnya agar dapat memahami dan mengetahui tentang PT Sinar Sosro Mojokerto.
Selanjutnya pada kesempatan ini perkenankanlah kami menyampaikan terimakasih kepada :
  1. Abdurrahman Faris I.H. S.E yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada kami sehingga terwujudnya makalah ini.
  2. Semua pihak yang tidak sempat kami sebutkan satu per satu yang turut membantu kelancaran dalam penyusunan makalah ini.
Kami sadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu kami mohon ma’af serta mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun kesempurnaan makalah ini.
Akhirnya dengan iringan do’a yang tulus ikhlas semoga makalah ini dapat bermanfa’at bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.


Gresik, 19 Juni 2014



Penulis



BAB I

PENDAHULUAN


  1. Latar Belakang

Sebagai Mahasiswa, kususnya dalam bidang Manajemen, mahasiswa/mahasiswi sudah sangat banyak mendapat materi kuliah yang berkenaan dengan ilmu Sistem Informasi Manajemen. Sudah selayaknya bagi mahasiswa manajemen tidak hanya memahami  teori yang ada, namun juga ikut andil dalam meninjau lapangan yang sebenarnya. Oleh karena itu Universitas Muhammadiyah Gresik khususnya mahasiswa Program Studi Manajemen mengadakan kegiatan Company Visit. Diharapkan mahasiswa/mahasiswi mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya dengan melakukan pengamatan atau percobaan.
Comapny Visit juga menjadi salah satu kegiatan yang diadakan setiap tahunnya untuk memperingati Milad Manajemen. Maka dari itu mahasiswa/mahasiswi wajib mengikuti kegiatan ini terutama yang mengikuti mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Comapny Visit hanya sebatas melakukan observasi pada suatu industri tertentu. Melakukan pengamatan dan tanya jawab kepada narasumber secara langsung.
Kesempatan kali ini, temen-temen kelas sepakat mengadakan kegiatan Comapny VisitkePT Sinar Sosro yang berada di Jalan Lingkar Awang-Awang, Lebak Sono Ds. Candirejo, Dsn Awang-Awang, Mojosari, Mojokerto.

  1. Rumusan Masalah

 Berdasarkan uraian daro latar belakang diatas, penulis dapat menemukan rumusan masalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana profil dari PT. Sinar Sosro?
  2. Apa visi dan misi dari PT. Sinar Sosro?
  3. Bagaimana filosofi dari PT. Sinar Sosro?
  4. Bagaimana sejarah dari PT. Sinar Sosro?
  5. Bagaimana proses produksi dari PT. Sinar Sosro?
  6. Bagamana cara pengolahan limbah yang ada di dalam PT. Sinar Sosro?
  7. Apa saja strategi perusahaan dari PT. Sinar Sosro?
  1. Tujuan Penulisan

Tujuan dalam pembahasan makalah ini, yang berjudul “Laporan Company Visit PT Sinar Sosro Mojokerto” berdasarkan rumusan masalah di atas antara lain
  1. Untuk mengetahui profil PT. Sinar Sosro.
  2. Mengetahui visi dan misi dari PT. Sinar Sosro.
  3. Untuk mengetahui filosofi dari PT. Sinar Sosro.
  4. Untuk mengetahui sejarah dari PT. Sinar Sosro.
  5. Untuk mengetahui proses produksi dari PT. Sinar Sosro.
  6. Untuk mengetahui cara pengolahan limbah yang ada di dalam PT. Sinar Sosro.
  7. Untuk mengetahui strategi perusahaan dari PT. Sinar Sosro.


BAB II

PEMBAHASAN



  1. Profil Perusahaan

Nama       : PT Sinar Sosro
Alamat    : Jalan Lingkar Awang-Awang, Lebak Sono Ds. Candirejo, Dsn Awang-Awang, Mojosari,    Mojokerto
Situs Web : www.sosro.com
FB            : Kunjungan Pabrik Ke Sosro
Produksi   : Minuman teh dalam kemasan botol (Tebs, Fruit Tea dan Teh botol Sosro)

  1. VISI & MISI PT SINAR SOSRO

VISI :

Mengutamakan  agar produk-produknya dapat sampai pada konsumen dimanapun mereka berada

MISI :

  1. Membangun merk sosro sebagai merk minuman yang unggul, aman, dan terpercaya.
  2. Melahirkan produk-produk sosro yang baru.
  3. Meningkatkan jaringan distribusi (baik Nasional atau Internasional) dengan memasarkan produk baru dibidang minuman.
  4. Memberikan kepuasan kepada konsumen dan pelanggan.
  5. Turut ikut serta dalam membantu devisa Negara.

  1. FILOSOFI PT SINAR SOSRO

Apapun makannya, minumnya teh botol sosro” di munculkan. Slogan ini tidak saja mengguncang sesama produk teh namun juga produk minuman secara keseluruhan. Teh dalam kemasan botol yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum. Karena Teh Botol minuman untuk semua orang.

Dalam era globalisasi ini, pembangunan ekonomi Indonesia sangat dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi Negara lain. Kerjasama Negara – Negara baik bilateral maupun multilateral semakin marak dan terus berkembang dari segala bidang. PT. Sinar Sosro adalah perusahaan yang mempromosikan minuman ringan dengan ciri khas teh asli. PT. Sinar Sosro mengembangkan produk minuman teh rasa asli yaitu Teh Botol Sosro. Karena produk teh ini merupakan salah satu produk yang menawarkan kualitas produknya dalam menarik minat beli konsumen, karena sebagai minuman teh tanpa bahan pengawet. Dasar atau Filosofi PT. Sinar Sosro adalah Niat Baik yang di jabarkan dalam 3K dan RL yakni
  • Peduli terhadap KUALITAS
  • Peduli terhadap KEAMANAN
  • Peduli terhadap KESEHATAN
  • Serta RAMAH LINGKUNGAN
Mayoritas Indonesia memiliki dataran tinggi cocok ditanami teh & itu semua sebagai  peluang bisnis industri minuman yang dikembangkan oleh anak negeri hingga saat ini maju dan pesat.  PT.SINAR SOSRO merupakan perusahaan pertama Indonesia dan di dunia yang berani mengolah dan menjual  teh dalam kemasan untuk dijual kepada masyarakat. Dengan Iklan “Apapun Makananya Minumnya Teh Botol Sosro”, telah merebut hati masyarakat. Produk – produk SOSRO berhasil menjangkau konsumen diseluruh pelosok propinsi di Indonesia.

  1. Sejarah PT Sinar Sosro

SOSRO merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia. Nama SOSRO diambil dari nama keluarga pendirinya yakni SOSRODJOJO. Tahun 1940, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah kota kecil bernama Slawi di Jawa Tengah. Pada saat memulai bisnisnya, produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana daerah penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah.
Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah. Perjalanan memperkenalkan produk Teh Cap Botol ini dimulai dengan melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di kota Jakarta. Awalnya, datang ke pasar-pasar untuk memperkenalkan Teh Cap Botol dengan cara memasak dan menyeduh teh langsung di tempat.
Setelah seduhan tersebut siap, teh tersebut dibagikan kepada orang-orang yang ada di pasar. Tetapi cara ini kurang berhasil karena teh yang telah diseduh terlalu panas dan proses penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya tidak sabar menunggu. Cara kedua, teh tidak lagi diseduh langsung di pasar, tetapi dimasukkan kedalam panci-panci besar untuk selanjutnya dibawa ke pasar dengan menggunakan mobil bak terbuka. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa, sebagian besar tumpah dalam perjalanan dari kantor ke pasar. Hal ini disebabkan pada saat tersebut jalanan di kota Jakarta masih berlubang dan belum sebagus sekarang.
Akhirnya muncul ide untuk membawa teh yang telah diseduh di kantor, dikemas kedalam botol yang sudah dibersihkan. Ternyata cara ini cukup menarik minat pengunjung karena selain praktis juga bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu menunggu tehnya dimasak seperti cara sebelumnya.Pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual teh siap minum (ready to drink tea) dalam kemasan botol, dan pada tahun 1974 didirikan PT SINAR SOSRO yang merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan di dunia.
PT. Sinar Sosro cabang Mojokerto merupakan salah satu cabang perusahaan yang didirikan pada tahun 2008 dan merupakan pabrik ke-10 yang didirikan oleh PT. Sinar SOSRO
  • Model botol untuk kemasan Tehbotol Sosro mengalami tiga kali perubahan yakni
  1. Botol Versi I
    Dikeluarkan pada tahun 1970 dengan merek THE CAP BOTOL SOFT DRINK SOSRODJOJO
  1. Botol Versi II
    Dikeluarkan pada tahun 1972 dengan merek TEH CAP BOTOL (dengan penulisan ”CAP” lebih kecil, sehingga orang lebih membaca TEH BOTOL), selain itu Penulisan Soft Drink dihilangkan, dan tulisan TEH BOTOL diganti dengan warna merah putih yang menggambarkan produk asli Indonesia. Penulisan Sosrodjojo juga disingkat menjadi SOSRO dalam logo bulat merah.
  1. Botol Versi III
    Pada tahun 1974, terjadi perubahan design botol yang ke-III. Design botolnya tidak seperti botol versi I & II. Dengan bentuk botol yang baru dan perubahan pada penulisan merk TEHBOTOL SOSRO pada kemasannya. Design botol ke-III ini diperkenalkan seiring dengan didirikannya pabrik PT. SINAR SOSRO yang pertama di daerah Cakung, Jakarta.
  • Pengembangan bisnis minuman teh selanjutnya dilakukan oleh dua perusahaan
  1. PT. SINAR SOSRO, perusahan yang memproduksi Teh Siap Minum Dalam Kemasan. Produk-produknya adalah Tehbotol Sosro, Fruit Tea Sosro, Joy Tea Green Sosro, TEBS, Happy Jus, dan Air Minum Prim-A.
  2. PT. GUNUNG SLAMAT, perusahaan yang memproduksi Teh Kering Siap Saji. Produk-produknya adalah Teh Celup Sosro, Teh Cap Botol, Teh Poci, Teh Terompet, Teh Sadel, Teh Sepatu dan Teh Berko. PT. GUNUNG SLAMAT mendapatkan penghargaan sebagai Top Brand Award 2008 untuk kategori Teh Celup.
  • Perkembangan Bisnis PT Sinar Sosro dari awal berdiri hingga sekarang
Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan, maka sejak Tanggal 27 November 2004, PT SINAR SOSRO dan PT GUNUNG SLAMAT bernaung dibawah perusahaan induk (holding company) yakni PT ANGGADA PUTRA REKSO MULIA (Grup Rekso) yang berkantor Pusat di : Gedung Graha Rekso Jl. Boulevard Artha Gading Kav A1, Sentra Bisnis Artha Gading – Kelapa Gading – Jakarta Utara, 14240.

  1. Proses  Produksi

Daun teh diambil dari perkebunan pribadi milik Rekso Group yang tedapat di Jawa Barat (Garut, Cianjur, Tasikmalaya, Pangalengan) kemudian teh diolah menjadi teh kering di PT Gunung Slamet (Slawi, Tegal) dan diproses menjadi teh botol di PT Sinar Sosro (Mojokerto).
Salah satu proses produksi di Pabrik Sinar Sosro Mojokerto yang menjadi pokok tinjauan kali ini adalah :
Teh Botol
  1. Proses Pemasakan Teh Manis Cair
    Air tanah, sebagai bahan baku utama, diambil dari kedalaman ± 200 m di bawah tanah kemudian disterilkan melalui proses water treatment. Air yang mengalami proses water treatment mengalami tiga perlakuan yaitu air disaring dengan pasir kuarsa di tanki 1, kemudian dialirkan ke tanki 2 yang berisi karbon, setelah itu dimasukkan ke tanki 3 yang berisi softener. Setelah melalui proses water treatment, air dimasak hingga 100C. Air panas tersebut dialirkan ke tanki teh untuk menyeduh teh wangi yang telah dimasukkan ke dalam tanki teh. Air panas juga dialirkan ke tanki yang berisi gula untuk melarutkan gula menjadi sirup gula.Setelah diseduh, teh dialirkan ke tanki filtrox untuk memisahkan ekstrak teh dari ampas teh.Dari tanki filtrox ekstrak teh dialirkan ke tanki pencampuran. Pada saat yang sama, sirup gula juga dialirkan ke tanki pencampuran. Hasil campuran antara ekstrak teh dan sirup gula menjadi teh manis cair yang siap diisi ke dalam botol melalui mesin filler.
  1. Proses Pencucian Botol
    Botol-botol kosong yang telah kembali dari pasar harus dicuci terlebih dahulu.Krat-krat botol kosong dilewatkan melalui roller yang terhubung dengan conveyor untuk diangkat oleh mesin crater ke lintasan conveyor menuju bottle washer.Botol-botol yang telah melewati mesin crater menuju bottle washer harus disortir oleh operator pos I untuk mengambil botol-botol yang pecah atau gumpil, botol-botol yang terlalu kotor dan sampah seperti sedotan yang ikut terangkat.Kemudian botol-botol dicuci pada mesin bottle washer dimana botol-botol tersebut direndam pada air caustic dengan suhu hingga 90C untuk membunuh bakteri sekaligus membersihkan botol. Pada saat akan dikeluarkan dari mesin bottle washer, botol-botol disemprot dengan hot water untuk membilas botol dari sisa-sisa air caustic.Setelah itu, botol-botol bergerak melalui conveyor menuju mesin EBI optiscan. Mesin E.B.I scan berfungsi untuk mendeteksi benda asing yang masih menempel di bagian dalam dinding botol. Kemudian botol-botol melewati pos II, dimana operator pos II bertugas untuk mengambil botol-botol gumpil dan kusam yang terlewat dari pos I dan mesin bottle washer. Botol-botol yang telah melalui pos II akan menuju ke filler, sementara itu teh manis cair dialirkan melalui pipa menuju pasteurizer. Pasteurizer berfungsi untuk memanaskan kembali teh manis cair untuk membunuh bakteri yang terikut pada saat dialirkan melalui pipa. Kemudian, botol-botol diisi dengan teh manis cair oleh mesin filler dan ditutup dengan crown. Kemudian botol-botol yang telah terisi teh dan ditutup crown akan melewati mesin video jet untuk diberikan barcode tanggal dan jam produksi. Setelah itu, produk jadi tersebut melalui pos III untuk disortir apakah tutup crown telah rapat dan baik, produk yang tidak terkena barcode. Seteleh melewati pos III, produk kemudian diangkat melalui mesin decrater ke crate.
  1. Menempatkan dalam kotak
    Botol tersebut dimasukan lagi ke dalam kotak kosong dengan mesukn palletizer dan dibiarkan selama 3 hari sebelum dijual.
  1. Uji kontrol
    Sebelum dijual, produk tersebut harus dijual secara fisik, kimia, microbiologi, dan organoleptik. Secara fisik dilihat dari kemasan. Secara kimia dilihat dari kadar gula dan Ph. Secara microbiologi meneliti tentang perkembangan micro-organisme. Organoleptik mengecek warna dan kejernihan produk. Jika produk tidak memenuhi syarat - syarat tertentu maka produk tersebut akan dibuang dan diolah kembali.
  1. Penjualan
    Setelah lulus uji kontrol produk dijual dan didistribusikan ke toko - toko.

  1. Pengolahan Limbah

Di PT Sinar Sosro Mojokerto limbah industri yang di hasilkan adalah Limbah cair, berikut pengolahannya :
Pengolahan Limbah secara aerobic
  1. Bak Aerasi
    Limbah yang keluar dari proses anaerobic memiliki kualitas limbah yang begitu baik, sehingga bak ini terjadi proses penyempurnaan. Limbah mengalami pengolahan oleh bakteri lumpur aerob, dimana baktteri pengolah materi-materi sisa yang terbiodegradasi pada proses aerobic menjadi CO2 dan sel bakteri baru.
  1. Final clarifier
    Pada bak ini prosesnya adalah pengendapan dimana Activated ludge dipisahkan dari air limbah yang bersih, lumpur aktif yang mengendap disirkulasi ke bak aerasi, ataupun bila di perlukan disirkulasi kembali ke bak equalisasi. Kotoran-kotoran yang melayang tersapu masuk ke bak effluent untuk di buang, sementara itu, air limbah bersih mengalir secara overflow ke kolam indikator.
  1. Kolam indikator
    Pada kolam ini diisikan dengan ikan sebagai indikatorkualitas air.Setelah dialirkan ke kolom indikator, air dibuang ke saluran pembuangan seperti selokan atau sungai.  Dari proses tersebut dapat terlihat sesuai lampiran bahwa air yang kotor dibuang kembali ke alam dalam keadaan bersih dengan proses pengolahan yang baik.

  1. Strategi Perusahaan

Dari analisis yang dilakukan pada PT Sinar Sosro Mojokerto dari hasil Company Visit kesimpulan bahwa strategi yang digunakan oleh perusahaan antara lain :
  • Membangun atau memelihara atau memperkuat citra merek SOSRO sebagai produk dan merek teh yang alami,berkualitas dan unggul.
  • Meningkatkan pelayanan dan distribusi baik kualitas maupun kuantitas.
  • Proaktif menerima atau mendengarkan pendapat kebutuhan pelanggang dan konsumen.
  • Diverifikasi produk dan kemasan.
  • Membangun dan memelihara sumber daya manusia yang berkualitas.
Meningkatkan strategi-strategi yang dipakai untuk mempromosikan produk SOSRO, selain itu juga meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak luar, agar dapat terus unggul dalam persaingan dan produk SOSRO semakin dikenal oleh konsumen.







BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Kunjungan Lapangan bertujuan agar mahasiswa/mahasiswi mendapatkan pengalaman faktual tentang pelaksanaan proses perkuliahan. Setelah diadakannya kunjungan lapangan ini, mahasiswa/mahasiswi mampu memahami secara langsung bagaimana sistem produksi yang dilakukan oleh PT. Sinar Sosro.Suatu industri yang bermula dari seorang pencetus ide teh dalam kemasan botol.Yang sekarang sudah menjadi industri besar dan dikenal hingga ke luar negeri.Dengan berbekal filosofi “niat baik”, PT. Sinar Sosro selalu mengedepankan kualitas dan ramah lingkungan. Karena proses produksi yang dilakukan terbukti steril serta limbah yang dihasilkan terbukti mampu dikembalikan pada alam.

  1. Saran

PT. Sinar Sosro harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan merk yang sudah ada, karena dengan kepercayaan dapat menimbulkan loyalitas merk.
PT. Sinar Sosro sebaiknya perlu mengekspor produknya ke berbagai Negara agar keuntungan Negara semakin meningkat dan Indonesia semakin terkenal di mancanegara.



 

LAMPIRAN



Dokumentasi

 







 

Komentar

  1. mantap sangat membantu, thanks kak. kebantu buat bulan depan visit company ke Sosro

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Jabatan

Laporan Observasi PT Ramayana Lestari Sentosa,Tbk (RB16) Gresik

Makalah Perkembangan Pemikiran Mengenai Kualitas