Proposal Puding Brownies Cup


PROPOSAL USAHA
PUDDING BROWNIES CUP




Mata Kuliah : Study Kelayakan Bisnis
Dosen Pembimbing :
Sukaris, S.E., M.S.M


Dibuat oleh:

Abu Tholib             ( 12 311 099)
Okky Yoalnda p     ( 12 311 061)
Desy Riskawati     ( 12 311 053)
Khusnul Khotima ( 12 311 062)
Meylinda Aviyani   ( 12 311 063)


PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
2014


BAB I

PENDAHULUAN




  1. Dasar Gagasan Usaha

Makanan-makanan yang tersedia di pasaran saat ini sangat beraneka ragam dan harga yang ditawarkan juga beraneka dari yang terjangkau oleh masyarakat hingga harga yang tinggi.Salah satu jenis makanan atau cemilan yang digemari di tengah-tengah masyarakat yaitu brownies.brownies yang merupakan makanan berupa cemilan dari Negara Amerika Serikat yang tersebar di Indonesia. Di Indonesia keberadaan brownies sudah mudah untuk dicari dari yang memiliki merk yang telah terkenal seperti brownies Amanda yang tersohor di Medan, sampai berada dijajakan kaki lima bahkan sudah ada yang di jual di warung-warung.
Keberadaan brownies sebagai salah satu makanan yang di gemari masyarakat karena memiliki bentuk yang bantet, padat dan basah yang memiliki warna yang hitam kecoklatan serta memiliki rasa manis yang kaya akan coklat. Kini, sesuai dengan perkembangan zaman, keberadaan brownies juga semakin berkembang baik dari segi rasa nya yang mulai beraneka ragam yang dari rasa coklat, keju, selai buah, dengan beraneka toping di bagian atasnya.
Oleh karena itu, penulis juga ingin mengembangkan usaha jajanan , yaitu “puding brownies cup” untuk dikembangkan karena cemilan ini banyak di gemari dan di sukai oleh masyarakat dengan rasa coklatnya yang khas.

  1. Prospek Pasar

Puding Brownies Cup memiliki prospek pasar yang bagus, karena di pasaran saat ini bisa dibilang belum ada makanan yang menggabungkan antara brownies dengan puding, sehingga memungkinkan untuk menguasai pasar dalam menjual menu makanan tersebut untuk semua kalangan masyarakat. Melihat kondisi di atas, kami pun tertarik untuk membuat suatu usaha kuliner yang berbentuk cemilan Puding Brownies Cup dengan berbagai toping atau tambahan berbagai macam rasa, serta didukung dengan tempat yang sangat strategis.Dengan demikian, kami yakin prospek pasar usaha kami akan sangat baik.
  1. Manfaat Ekonomi
Manfaat ekonomi yang didapat dari usaha ini adalah:
  1. Keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan
  2. Terciptanya lapangan pekerjaan baru
  3. Mengurangi pengangguran
  1. Manfaat Sosial
  1. Membantu pemerintah dalam mengembangkan kewirausahaan di Indonesia
  2. Memudahkan masyarakat dalam memperoleh cemilan Puding Brownies Cup yang sehat dan berkualitas.

  1. Visi, Misi, dan Tujuan

  1. Visi : Menciptakan produk makanan inovatif untuk semua kalangan masyarakat sebagai alternatif pengganti cemilan yang banyak mengandung serat.
  2. Misi :
  1. Membuat makanan yang bermutu dan berbeda dari makanan lain.
  2. Membuat makanan yang tepat bagi konsumen sehingga menjadi produk premier bagi para konsumen.
  3. Membuat suatu mekanisme wirausaha yang berkualitas sehingga dapat bersaing di pasar.
  1. Tujuan:
  1. Menciptakan dan mengembangkan peluang wirausaha inovatif yang memiliki prospek dan mampu bersaing dalam pasar global.
  2. Menciptakan Brand dan Francise
  3. Menjadikan makanan yang paling baik di kelasnya, menu makanan yang sehat namun lezat



BAB II

PEMASARAN


  1. Gambaran Umum Pasar Sasaran

Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan ringan. Makanan ringan yang kami tawarkan yaitu berbentuk Cup yang berbeda varian baru yang belum ada di pasaran. Berbagai macam rasa dan topping yang menarik menjadi menu utama . Pudding Brownies Cup ini sangat berbeda dengan brownies yang sudah ada di pasaran karena selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan menggunakan cita rasa yang berbeda namun tetap menjaga cita rasa yang berkualitas. Sedangkan untuk pengenalan produk dapat dilakukan secara langsung kepada masyarakat gresik yang bertempat sangat strategis dan banyak aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut . Hal itu akan memudahkan para penggemar Briwnies untuk menikmati produk yang kami tawarkan . Dengan mengutamakan kualitas produk dan tempat strategis “ Pudding Brownies Cup” akan dapat bersaing dengan usaha lain yang serupa.

  1. Penawaran ( Competitors )

  1. Deskripsi Produk
Produk yang dihasilkan berupa makanan atau camilan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.Namun, berbahan dasar puding.
  1. Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang kami pilih adalah Jalan Kalimantan GKB.
  1. Wilayah Pemasaran
Dengan dasar produk yang baru, pemasaran akan dimulai dari wilayah pemasaran terkecil, yaitu di daerah-daerah Gresik dan sekitarnya, yang kemudian akan dikembangkan lebih lanjut seperti memasuki pasar-pasar di luar daerah Gresik. Potensi daerah luar sangatlah besar, karena produk Puding Brownies Cup ini sangatlah jarang dijumpai bahkan masih belum ada. Wilayah yang lebih spesifik untuk pemasaran daerah GKB, Manyar dan Panglima Sudirman.
  1. Sasaran Usaha
  • Universitas
Merupakan lingkungan yang dekat dengan kehidupan mahasiswa sehingga proses pemasaran lebih mudah dan cepat dalam memulainya.
  • Masyarakat Umum
Dalam lingkungan masyarakat banyak sekali yang menggemari puding sebagai makanan ringan., karena puding cukup mudah untuk didapat. Maka pudding Brownies cup sangat cocok untuk dipasarkan di pasar-pasar tradisional sesuai dengan daya jangkau masyarakat.

  1. Analisa SWOT dan Strategi Pemasaran

  1. Analisa SWOT
Untuk menentukan strategi pemasaran digunakan analisis SWOT untuk mengetahui bagaimana Keunggulan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman bagi bisnis ini. Berikut adalah analisisnya :
  • Strenghtness (keunggulan)
  1. Rasa terjamin, bebas dari bahan pengawet
  2. Memiliki berbagai macam toping
  3. Nikmat untuk dikonsumsi dalam berbagai kondisi
  4. Ekonomis karena dapat dijangkau oleh berbagai kalangan
  5. Pilihan produk yang bervariasi sehingga konsumen tidak bosan
  6. Inovatif, karena merupakan produk baru
  • Weakness (kelemahan)
Produk ini tidak menggunakan pengawet sehingga daya tahannya tidak lama, namun ini bisa diatasi dengan metode penjualan produk secara direct selling dan konsinyasi sehingga produk dapat terdistribusikan dengan baik kepada sasaran dan dapat habis dalam sehari.
  • Opportunity (Peluang)
  1. Banyak ditemukan makanan yang mengandung bahan kimia yang mempunyai efek samping yang membahayakan kesehatan manusia.
  2. Masyarakat membutuhkan makanan sehat yang praktis, nikmat, dan ekonomis
  3. Berpotensi untuk dikembangkan menjadi franchise/kemitraan
  • Threat (Ancaman)
Banyaknya pesaing usaha bakery lainnya, namun ancaman ini bisa diantisipasi dengan produk yang inovatif dan ekonomis.

  1. Strategi pemasaran
  1. Produk
Persaingan produk jenis makanan ringan atau cemilan seperti puding brownies cup terbagi menjadi 2 persaingan yaitu persaingan langsung dan tidak langsung. Produk pesaing langsung merupakan jenis produk makanan ringan atau camilan seperti puding brownies cup itu sendiri. Namun, makanan ringan atau cemilan puding brownies cup ini biasanya di jual oleh para pedagang yang menjajahkan makanan di jalan Kalimantan contohnya penjual martabak, jamur, es cincau dan seterusnya.
  1. Price
Harga yang ditawarkan relative lebih murah dan dapat terjangkau oleh semua kalangan.
  1. Promosi
Menyebarkan leaflet/brosur
  1. Place
Sesuai dengan survey yang telah dilakukan jalan Kalimantan GKB adalah jalan yang ramai dikunjungi masyarakat dari anak kecil sampai orang tua. Jadi tempat itu strategis untuk memulai bisnis baru.
  1. Physical Evidance
Menjual produk cemilan seperti pudding brownies pada umumnya memiliki ciri khas sendiri dalam melayani konsumen. Agar konsumen lebih merasakan nyaman, para pelayan atau penjual produk makanan cemilan seperti pudding brownies yang sudah memiliki gerai dan nama biasanya menggunakan seragam dan ciri khas sendiri supaya terlihat sopan dan rapi.


BAB III

PRODUKSI DAN OPERASI



  1. Produk

Bisnis yang dijalankan untuk menciptakan suatu makanan yang unik. Pada umumnya semua orang mengenaal pudding brownies Cup namun hanya brownies biasa aja yang dikenal masyarakat . kami ingin menawarkan sebuah hal yang berbeda kepada masyarakat. Karena jika dilihat dari segmen pasar, kebanyakan masyarakat perkotaan menyukai suatu makanan yang unik. Produk yang kami tawarkan adalah pudding brownies cup dengan memilki ciri khas yang berbeda :
  • Makanan yang disajikan secara praktis dan ekonomis
  • Memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh
  • Dapat dikonsumsi dimana saja dan kapan saja
  • Dapat dijadikan snack
  • Memiliki rasa yang unik dan enak
  • Nikmat untuk dikonsumsi dalam berbagai kondisi
  1. Operasional

  1. Fixed Assets
Berikut ini adalah asset tetap yang kita miliki dalam rangka membantu pelaksanaan usaha kami, yaitu :
NO
URAIAN
JUMLAH
1
Sewa tempat produksi
Rp3.000.000,00
2
Kompor Gas 2 tungku
Rp250.000,00
3
Tabung Gas + pengaman
Rp375.000,00
4
Oven
Rp200.000,00
5
Loyang
3
Buah
@
Rp9.000,00
Rp27.000,00
6
Etalase
Rp500.000,00
7
Panci Sedang
2
Buah
@
Rp55.000,00
Rp110.000,00
8
Baskom Besar
3
Buah
@
Rp35.000,00
Rp105.000,00
9
Sendok
1
Lusin
@
Rp12.500,00
Rp12.500,00
10
Pisau Roti
1
Buah
@
Rp12.500,00
Rp12.500,00
11
Timbangan Digital
Rp100.000,00
12
Banner 3mx1m
Rp45.000,00
13
Cetak Brosur
300
lembar
@
Rp500,00
Rp150.000,00
14
Pembuatan Stempel + Nota
Rp50.000,00
15
Lap kain
5
Buah
@
Rp5.000,00
Rp25.000,00
Jumlah
Rp4.962.000,00


  1. Biaya operasional satu kali produksi
NO
URAIAN
JUMLAH
1
Gula pasir



Gr
@
Rp5.000,00
Rp5.000,00
2
Tepung terigu

Gr
@
Rp6.000,00
Rp6.000,00
3
Susu bubuk
3
Buah
@
Rp2.500,00
Rp7.500,00
4
SP
100
gram
@
Rp11.000,00
Rp11.000,00
5
Telur
1
Kg
@
Rp16.000,00
Rp16.000,00
6
Margarin



Kg
@
Rp12.000,00
Rp12.000,00
7
Bater cream
1
Kg
@
Rp18.000,00
Rp18.000,00
8
Cheryy



Kg
@
Rp40.000,00
Rp40.000,00
9
Keju chedar
2
buah
@
Rp35.000,00
Rp70.000,00
10
Coklat Pasta
3
buah
@
Rp3.000,00
Rp9.000,00
11
Agar-agar satelit
6
buah
@
Rp3.000,00
Rp18.000,00
12
Gelas Plastik
50
buah
@
Rp500,00
Rp2.500,00
Jumlah
Rp215.000,00


  1. Factory Layout
Dari data statistic yang diperoleh, Dengan melihat di daerah ini banyak terdapat kost-kostan dan dilalui banyak warga karena kondisinya dekat dengan jalan raya. Besar kemungkinan potensi makanan tradisional menarik konsumen daerah tersebut.
  1. Product Layout
Menu utama makanan yang kami sajikan ialah Pudding Brownies Cup dengan dua rasa yaitu Cokelat Dan Keju dengan Topping yang menarik Cream dan buah cherry.
  1. Process Layout
Sebagai salah satu makanan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, dengan khas empuk dan lembutnya Pudding Brownies Cup menjadi kue dengan bahan, hiasan (topping) dan rasa yang sangat kreatif dan unik . Berikut kami salin resep Pudding Brownies cup praktis yang enak, lezat dan lembut.
Bahan
Topping
Tepung Terigu
Butter Cream
Gula Pasir
Buah Cheryy
Telur

Margarine (Lelehkan)

Susu Bubuk

Tepung Maizena

Sp

Keju Chedhar

Agar-agar Satelit

Cara membuat :
  1. Masukkan Gula pasir, telur dan Sp kemudian Kocok sampai mengembang dab berwarna putih.
  2. Kemudian Masukan tepung terigu, susu bubuk dan tepung maizena sedikit demi sedikit.
  3. Kemudian Masukkan Margarin yang telah di lelehkan sedikit-sedikit sambil di aduk dengan spatula
  4. Kemudian adonan yang telah tercampur rata tuangkan kedalam Loyang
  5. Kemudian Masukkan ke dalam oven panggang sampai matang
  6. Setelah matang dinginkan selama 15 menit .
  7. Setelah Dingin Tuangkan agar-agar yang telah di masak ke dalam brownies sampai rata dan diamkan
  8. Potong Brownies dan taruh pada cup dan diberi Topping dan sajikan

 

 

BAB IV

ORGANISASI DAN MANAJEMEN


  1. Umum

  • Nama Perusahaan : Pudding Brownies Cup
  • Pemilik Perusahaan : 5 orang yaitu Abu Tholib, Okky Yolanda,
                                           Desy Riskawati, Khusnul Khotima, Meylinda Aviyani.
  • Alamat tempat usaha : Jl.Kalimantan GKB
  • Bentuk badan hukum : Partnership
  • Tahun berdiri : 2014
  1. Struktur Organisasi dan Job Description

  1. Sruktur Organisasi













  1. Job Description
  • Manajer ( Manager )
  • Bertanggung jawab terhadap kegiatan operasional usaha termasuk terhadap pengelolaan, pengembangan dan pengendalian operasi usaha.
  • Mengaawasi dan mengevaluasi kinerja setiap tenaga kerja .
  • Memberikan perintah terhadap tenaga kerja berhubungan daengan tanggung jawabnya.
  • Menjalin hubungan baik dengan pihak luar (eksternal).
  • Memastikan bahwa seluruh tenaga kerja mematuhi segala peraturan kerja .
  • Bagian Keuangan (Financial Section)
  • Melayani konsumen dalam hal pembayaran atas produk yang telah dikonsumsi.
  • Bertanggung jawab teerhadap segala yang berhubungan dengan pencatatan, pemasukan dan penggunaan keuangan perusahaan.
  • Membuat laporan keuangan/neraca laba-rugi
  • Melaporkan keadaan keuangan perusahaan kepada manager ssetiap
  • Bagian Produksi (Production Section)
  • Mengajukan kebutuhan bahan berhubungan dengan proses produksi.
  • Menyediakan kebutuhan konsumen atas menu yang telah dipesan.
  • Melaporkan penggunaan bahan kepada manager perusahaan.
  • Memeriksa persediaan bahan baku.
  • Melayani setiap konsumen yag dating seperti menyakan menu yang akan dipesan dan mengantar pesanan ke konsumen.
  • Menyampaikan pesanan dari konsumen ke bagian dapur.
  • Menjaga kebersihan dan kerapihan meja yang telah digunakan oleh konsumen.
  • Bagian Pemasaran (Marketing)
  • Mempromosikan produk “Pudding Brownies Cup”
  • Merumuskan segmentasi, targeting, positioning produk sesuai dengan strategi yang ditetapkan.
  • Menganalisis kebutuhan pasar.
  • Menjalin hubungan baik dengan consume.
  1. Administrasi

  1. Perizinan
Dalam memulai suatu usaha diperlukan beberapa perizinan. Karena “ Pudding Brownies Cup” merupakan bentuk usaha dibidang perdagangan makanan maka diperlukan bentuk perizinan khusus yaitu Keterangan Departemen Kesehatan mengenai kualitas makanan yang disajikan serta izin dari MUI untuk perolehan label halal.
Keterangan Izin
Biaya
Izin MUI
Rp150.000,00

  1. Biaya Pemasaran
Keterangan
Biaya Satuan
Biaya
Pembuatan Brosur
500 lembar @ Rp 200
Rp100.000
Banner
3 meter @ Rp 40.000
Rp120.000
Jumlah
Rp220.000



V

ANALISA KEUANGAN



  1. Investasi Awal :

NO
URAIAN
JUMLAH
1
Sewa tempat produksi
Rp3.000.000,00
2
Kompor Gas 2 tungku
Rp250.000,00
3
Tabung Gas + pengaman
Rp375.000,00
4
Oven
Rp200.000,00
5
Loyang
3
Buah
@
Rp9.000,00
Rp27.000,00
6
Etalase
Rp500.000,00
7
Panci Sedang
2
Buah
@
Rp55.000,00
Rp110.000,00
8
Baskom Besar
3
Buah
@
Rp35.000,00
Rp105.000,00
9
Sendok
1
Lusin
@
Rp12.500,00
Rp12.500,00
10
Pisau Roti
1
Buah
@
Rp12.500,00
Rp12.500,00
11
Timbangan Digital
Rp100.000,00
12
Banner 3mx1m
Rp45.000,00
13
Cetak Brosur
300
Lembar
@
Rp500,00
Rp150.000,00
14
Pembuatan Stempel + Nota
Rp50.000,00
15
Lap kain
5
Buah
@
Rp5.000,00
Rp25.000,00
Jumlah
Rp4.962.000,00


  1. Sumber Modal :

Modal berasal dari pemilik

Sumber Modal
Jumlah
Bobot
COC
Modal Sendiri
Rp4.962.000,00
100%
25%



  1. Depresiasi

Dep = Total Investasi Awal
Waktu Ekonomis(bln)
  1. Pendapatan (Revenue)

  • Tiap hari memproduksi 50 cup puding brownies cup
  • Dengan harga Rp 6.000,00
  • Pendapatan perhari 50 x Rp 6.000,00 = Rp 300.000,00
  • Pendapatan perbulan 30 x Rp 300.000,00 = Rp 9.000.000,00

  1. Biaya Variabel (VC)

  1. Biaya bahan baku
NO
URAIAN
JUMLAH
1
Gula pasir



gr
@
Rp5.000,00
Rp5.000,00
2
Tepung terigu

gr
@
Rp6.000,00
Rp6.000,00
3
Susu bubuk
3
Buah
@
Rp2.500,00
Rp7.500,00
4
SP
100
gram
@
Rp11.000,00
Rp11.000,00
5
Telur
1
kg
@
Rp16.000,00
Rp16.000,00
6
Margarin



kg
@
Rp12.000,00
Rp12.000,00
7
Bater cream
1
kg
@
Rp18.000,00
Rp18.000,00
8
Cheryy



kg
@
Rp40.000,00
Rp40.000,00
9
Keju chedar
2
buah
@
Rp35.000,00
Rp70.000,00
10
Coklat Pasta
3
buah
@
Rp3.000,00
Rp9.000,00
11
Agar-agar satelit
6
buah
@
Rp3.000,00
Rp18.000,00
12
Gelas Plastik
50
buah
@
Rp500,00
Rp2.500,00
Jumlah biaya variabel perhari
Rp215.000,00
Total biaya variabel perbulan
Rp6.450.000,00


  1. Biaya operasional fasilitas perbulan
No
Barang
Biaya
Jumlah
Total biaya
1
Tabung gas
Rp95.000
1x refill
Rp95.000
Total biaya operasional sebulan
Rp95.000
  1. Total Biaya perbulan (TC)

TC = Biaya variabel perbulan + Biaya Biaya operasional fasilitas perbulan
= Rp6.450.000,00 + Rp95.000,00
= Rp 6.545.000,00

  1. EBIT

KETERANGAN
JUMLAH
REVENUE
Rp9.000.000,00
TOTAL COST
Rp6.545.000,00
DEPRESIASI
Rp413.500,00
EBIT
Rp2.041.500,00

  1. EAT

Tarif pajak diasumsikan sebesar 14%
KETERANGAN
JUMLAH
EBIT
Rp2.041.500,00
BAYAR PAJAK 14%
Rp285.810,00
EAT
Rp1.755.690,00
  1. Cash Flow

KETERANGAN
JUMLAH
EAT
Rp1.755.690,00
DEPRESIASI
Rp413.500,00
CASH FLOW
Rp2.169.190,00
RESIDU
Rp0,00
terminal cah flow
Rp2.169.190,00






  1. Pola Arus Kas
    BULAN
    CASH FLOW
    0
    (Rp4.962.000,00)
    1
    Rp2.169.190,00
    2
    Rp2.169.190,00
    3
    Rp2.169.190,00
    4
    Rp2.169.190,00
    5
    Rp2.169.190,00
    6
    Rp2.169.190,00
    7
    Rp2.169.190,00
    8
    Rp2.169.190,00
    9
    Rp2.169.190,00
    10
    Rp2.169.190,00
    11
    Rp2.169.190,00
    12
    Rp2.169.190,00
  2. Payback Period
Payback Period =

Payback Period = 2 bulan + 0.29 bulan x 30 hari = 2 bulan 9 hari

  1. Average Rate of Return
= 0,3538 = 0,35
ARR = 35 %
  1. Net Present Value
    BULAN
    CASH FLOW
    P/F,25 %
    NPV
    0
    (Rp4.962.000,00)
    1
    (Rp4.962.000,00)
    1
    Rp2.169.190,00
    0,8
    Rp1.735.352,00
    2
    Rp2.169.190,00
    0,64
    Rp1.388.281,60
    3
    Rp2.169.190,00
    0,512
    Rp1.110.625,28
    4
    Rp2.169.190,00
    0,4096
    Rp888.500,22
    5
    Rp2.169.190,00
    0,3277
    Rp710.843,56
    6
    Rp2.169.190,00
    0,2621
    Rp568.544,70
    7
    Rp2.169.190,00
    0,2097
    Rp454.879,14
    8
    Rp2.169.190,00
    0,1678
    Rp363.990,08
    9
    Rp2.169.190,00
    0,1342
    Rp291.105,30
    10
    Rp2.169.190,00
    0,1074
    Rp232.971,01
    11
    Rp2.169.190,00
    0,0859
    Rp186.333,42
    12
    Rp2.169.190,00
    0,0687
    Rp149.023,35
    JUMLAH
    Rp3.118.449,67
    Layak (NPV≥0)
  2. Profitability Index

    BULAN
    CASH FLOW
    P/F,25 %
    NPV
    1
    Rp2.169.190,00
    0,8
    Rp1.735.352,00
    2
    Rp2.169.190,00
    0,64
    Rp1.388.281,60
    3
    Rp2.169.190,00
    0,512
    Rp1.110.625,28
    4
    Rp2.169.190,00
    0,4096
    Rp888.500,22
    5
    Rp2.169.190,00
    0,3277
    Rp710.843,56
    6
    Rp2.169.190,00
    0,2621
    Rp568.544,70
    7
    Rp2.169.190,00
    0,2097
    Rp454.879,14
    8
    Rp2.169.190,00
    0,1678
    Rp363.990,08
    9
    Rp2.169.190,00
    0,1342
    Rp291.105,30
    10
    Rp2.169.190,00
    0,1074
    Rp232.971,01
    11
    Rp2.169.190,00
    0,0859
    Rp186.333,42
    12
    Rp2.169.190,00
    0,0687
    Rp149.023,35
    ΔCFt/(1+K)
    Rp8.080.449,67
    IO
    Rp4.962.000,00
    PI
    1,628466278
    Layak (PI≥1)
  3. Internal Rate of Return

          Trial And Error NPV1 : i1 = 43%
BULAN
CASH FLOW
P/F,43%
NPV
0
(Rp4.962.000,00)
1
(Rp4.962.000,00)
1
Rp2.169.190,00
0,6993
Rp1.516.914,57
2
Rp2.169.190,00
0,489
Rp1.060.733,91
3
Rp2.169.190,00
0,342
Rp741.862,98
4
Rp2.169.190,00
0,2391
Rp518.653,33
5
Rp2.169.190,00
0,1672
Rp362.688,57
6
Rp2.169.190,00
0,1169
Rp253.578,31
7
Rp2.169.190,00
0,0818
Rp177.439,74
8
Rp2.169.190,00
0,0572
Rp124.077,67
9
Rp2.169.190,00
0,04
Rp86.767,60
10
Rp2.169.190,00
0,028
Rp60.737,32
11
Rp2.169.190,00
0,0196
Rp42.516,12
12
Rp2.169.190,00
0,0137
Rp29.717,90
NPV Positive
Rp13.688,02


Trial And Error NPV2 : i2 = 44%


BULAN
CASH FLOW
P/F,44%
NPV
0
(Rp4.962.000,00)
1
(Rp4.962.000,00)
1
Rp2.169.190,00
0,6944
Rp1.506.285,54
2
Rp2.169.190,00
0,4823
Rp1.046.200,34
3
Rp2.169.190,00
0,3349
Rp726.461,73
4
Rp2.169.190,00
0,2326
Rp504.553,59
5
Rp2.169.190,00
0,1615
Rp350.324,19
6
Rp2.169.190,00
0,1122
Rp243.383,12
7
Rp2.169.190,00
0,0779
Rp168.979,90
8
Rp2.169.190,00
0,0541
Rp117.353,18
9
Rp2.169.190,00
0,0376
Rp81.561,54
10
Rp2.169.190,00
0,0261
Rp56.615,86
11
Rp2.169.190,00
0,0181
Rp39.262,34
12
Rp2.169.190,00
0,0126
Rp27.331,79
NPV Negative
(Rp93.686,88)


Internal Rate of Return

IRR = 0,43 + 0,127478781 X 0,01
IRR = 0,43 + 0,001274788
IRR = 0,431274788 =0,4313
IRR =43,13%

  1. Modified Internal Rate of Return

BULAN
CASH FLOW
F/P, 25%
NPV
n-t
1
Rp2.169.190,00
11,64
Rp25.249.371,60
2
Rp2.169.190,00
9,31
Rp20.195.158,90
3
Rp2.169.190,00
7,45
Rp16.160.465,50
4
Rp2.169.190,00
5,96
Rp12.928.372,40
5
Rp2.169.190,00
4,77
Rp10.347.036,30
6
Rp2.169.190,00
3,82
Rp8.286.305,80
7
Rp2.169.190,00
3,05
Rp6.616.029,50
8
Rp2.169.190,00
2,44
Rp5.292.823,60
9
Rp2.169.190,00
1,95
Rp4.229.920,50
10
Rp2.169.190,00
1,56
Rp3.383.936,40
11
Rp2.169.190,00
1,25
Rp2.711.487,50
12
Rp2.169.190,00
1
Rp2.169.190,00
TV
Rp117.570.098,00


Modified Internal Rate of Return
(1+MIRR)
(1+MIRR)
(1+MIRR) = 23,69
12 log(1+MIRR) = log 23,69
12 log(1+MIRR) = 1,374565061
Log(1+MIRR) =
Log(1+MIRR) = 0,1145470884
(1+MIRR) = 1,301808457
MIRR = 1,301808457 - 1
MIRR = 0,301808457
MIRR = 30,18%





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Jabatan

Laporan Observasi PT Ramayana Lestari Sentosa,Tbk (RB16) Gresik

Makalah Perkembangan Pemikiran Mengenai Kualitas